Puluhan Calon PPK Ikuti Tes CAT

20221206 150835

Negara, DENPOST.id

Hajatan pemilu akan digelar 2024. Berbagai persiapan telah dilaksanakan KPU Jembrana. Selain sosialisasi juga perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

Ada 98 orang calon PPK, Selasa (6/12) melaksanakan seleksi tertulis dengan metode CAT yang bertempat di SMAN 1 Negara, Kabupaten Jembrana.

Mereka tampak serius mengikuti seleksi tes tertulis Computer Assist Test (CAT). Mereka akan berjuang untuk lulus seleksi dan terpilih menjadi 25 besar. Setiap kecamatan, akan ada 5 orang anggota PPK terpilih.

Dari data di KPU Jembrana, total warga yang melamar sebagai calon PPK melalui sistem SIAKBA KPU sebanyak 182 orang. Dari jumlah tersebut, yang berhasil lulus administrasi hanya 103 orang.  Sementara yang datang untuk mengikuti tes CAT 98 orang.

Baca juga :  Sepekan, Sembilan Pasien Positif Covid-19 Meninggal di Jembrana

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi lebih awal untuk menarik minat pelndaftar lebih banyak. Terbukti, saat pendaftaran ada 182 orang yang mengakses sistem.

Dari total jumlah pendaftar melalui sistem online, hanya 103 orang calon anggota PPK yang lulus seleksi administrasi. Mereka yang tidak lulus sebagian besar tidak melengkapi berkasnya.

Para peserta yang lulus seleksi diharapkan hadir saat tes CAT. Namun yang datang hanya 98 orang. Sehingga yang tidak datang dinyatakan gugur karena tidak ada tes susulan.

Baca juga :  Patung Makepung di Terminal Lama Negara Jadi Sorotan

“Baru kali ini, pendaftar PPK kita di Jembrana sangat banyak. Saat ini mereka sedang mengikuti seleksi tertulis dengan sistem CAT. Bagi yang tidak hadir saat tes CAT dinyatakan gugur karena kami sudah sosialisasikan,” kata Tangkas Sudiantara didampingi Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Made Widiastra.

Dikatakan dari kebutuhan 25 orang PPK di Jembrana tersebut akan diperebutkan peserta yang hadir saat tes CAT. Namun, setelah tes tertulis ini hanya akan menggugurkan sebagian. Sebab, akan meluluskan tiga kali lipat dari kuota masing-masing kecamatan.

Menurutnya per kecamatan maksimal diloloskan 15 orang. “Tapi kemungkinan juga salah satu kecamatan ada yang dibawah jumlah itu,” jelas Tangkas.

Baca juga :  Cegah Corona, Pemkab Mulai Pasang Hand Sanitizer

Untuk tahapan seleksi, para pelamar akan melalui tiga tahapan. Diantaranya pendaftaran hingga seleksi administrasi, seleksi tes tertulis dengan sistem CAT, dan seleksi wawancara. Setelah selesai, para anggota PPK akan berkerja mulai 4 Januari 2023 mendatang.

Setelah tes CAT ini, peserta yang lolos tinggal mengikuti tes wawancara pada tanggal 11 sampai 17 Desember 2022. “Adapun tugas pokok PPK yang nantinya lolos merupakan perpanjangan KPU dimasing-masing kecamatan, termasuk nanti mengkoordinir PPS yang ada di semua desa se Kabupaten Jembrana,” pungkasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini