Gempa M6,2 Guncang Jember, Juga Dirasakan di Kuta

picsart 22 12 06 18 57 10 961
GEMPA - Gempa yang mengguncang Jember, dan dirasakan hingga ke Kuta dan Karangasem.

Kuta, DENPOST.id

Gempa berkekuatan M6,2 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Jember, Jawa Timur pukul 13.07.48 WIB, Selasa (6/12/2022). Guncangan yang begitu kuat ini, dirasakan hingga ke Kuta dan Kuta Selatan.

Hasil analisis BMKG, menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0. Sedangkan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 10,70° LS ; 113,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 223 km arah selatan Kota Jember, Jawa Timur, pada kedalaman 10 km.

Baca juga :  Penghina Jokowi Ternyata Seorang Gelandangan yang Tinggal di Kuta

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si., lewat rilis yang disebar di grup WA BMKG mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi/patahan batuan di zona “outerise”. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( “normal fault”).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumberpucung, dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), serta daerah Madiun, Ponorogo, Bantul,  Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga :  Ditinggal ke Tabanan, Rumah Terbakar

Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi ini, tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempabumi susulan ( “aftershock”) dengan kekuatan terbesar M4,6.

Kepada masyarakat, BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini