Penyu Hijau yang Ditemukan Terdampar Dievakuasi ke Konservasi Penyu di Perancak

picsart 22 12 06 18 58 32 915
DIREHABILITASI - Penyu hijau yang ditemukan terdampar di Pantai Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, saat dievakuasi dan direhabilitasi di penangkaran penyu Kurma Asih, di Perancak.

Negara, DENPOST.id

Seekor penyu hijau ditemukan terdampar di pesisir Pantai Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Selasa (6/12/2022). Penyu hijau usia sekitar 10 sampia 15 tahun tersebut, telah dievakuasi dan diserahkan ke tempat konservasi penyu Kurma Asih di Desa Perancak.

Satwa langka tersebut, ditemukan pertama kali warga yang sedang melaksanakan upacara di pantai. Penyu itu, sejatinya sudah sempat dicoba untuk dilepasliarkan ke laut. Namun karena kondisinya yang lemas, warga tersebut melapor ke pihak kepolisian untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga :  Perbekel Yehembang Harapkan Peningkatan Kualitas Lapangan Voli

Kemudian anggota Polres Jembrana yang saat itu sedang melaksanakan patroli mengamankan dan mengevakuasi penyu hijau ke tempat Konservasi Penyu Kurma Asih di Desa Perancak.

Koordinator Pelestari Penyu Kurma Asih, Desa Perancak, I Wayan Anom Astika Jaya mengatakan penyu berukuran panjang 61 cm dan lebar 56 cm tersebut, saat ditemukan dalam kondisi lemas. Penyu tersebut, kini masih di observasi di penangkaran.

“Selain lemas juga ditemukan trutus atau semacam parasit yang menempel pada badan penyu. Tapi tidak ada luka,” jelasnya.

Baca juga :  Polsek Padang Bai Sita Puluhan Kendaraan Tak Berdokumen Lengkap

Terkait tindak lanjut dari penanganan penyu tersebut, pihaknya masih menunggu penyu tersebut sampai pulih kembali. “Kami juga masih menunggu pemeriksaan dari dokter hewan. Jika sudah sehat baru dilepasliarkan,” pungkasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini