Propam Polres Gianyar Lakukan Pemeriksa Senpi Anggota 

20221207 142607

Gianyar, DENPOST.id

Guna mengantisipasi terjadinya kasus penyimpangan dan penyalahgunaan senjata api (senpi) yang tidak sesuai prosedur, Propam Polres Gianyar melakukan kegiatan pemeriksaan senpi dinas anggota polisi secara berkala.

Kegiatan pemeriksaan senpi dipimpin Kasi Propam Polres Gianyar, Iptu I Made Mulata bertempat di Loby Mako Polres Gianyar, Rabu (7/12).

Seijin Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H; Kasi Propam Polres Gianyar, Iptu  Mulata mengatakan dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kapolres Gianyar Nomor : SPRIN/27887/XI/HUK.12.10/2022 tanggal 30 November 2022 tentang pelaksanaan kegiatan Gaktiplin dengan sasaran gampol, kelengkapan surat data diri maupun ranmor, sikap tampang dan penampilan serta pengecekan senpi.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya serta untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,”ujarnya.

Baca juga :  Melarikan Diri, ODGJ Diamankan di Sawah

Dalam pelaksanaan pemeriksaan senpi, Kanit Paminal Sipropam Polres Gianyar, Ipda Anak Agung Gde Indrawan, S.H. bersama anggota sarpras, paminal dan Provos Sipropam melaksanakan pemeriksaan secara satu-persatu senpi yang dipinjam pakaikan perorangan untuk mengetahui kelayakan dan kelengkapan administrasi dan amunisinya.

“Kepada pemegang senpi perorangan agar tetap menjaga keamanan maupun kebersihan senpinya sehingga pada saat di pergunakan tidak ada kendala,”kata Kasi Propam Polres Gianyar seraya menambahkan jangan sampai ada personil yang melakukan penyalahgunaan senpi maupun memperjualbelikan senjata dinas.

Baca juga :  Pohon Tumbang Halangi Jalan  Akibatkan Kemacetan

Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran maupun penyalahgunaan senpi yang dilakukan personil Polres Gianyar. Senpi yang dipegang atau dipinjam pakai oleh masing-masing personil dalam keadaan bersih, layak pakai, serta administrasi secara keseluruhan masih berlaku,”katanya.

Kasi Propam Polres Gianyar mengingatkan kepada personel yang memegang atau pinjam pakai senpi dinas agar tetap menaruh senpi pada tempat yang aman jauh dari jangkauan orang lain dan pada saat dibawa agar ditaruh pada sarung senjata yang melekat pada badan bukan ditaruh pada tas pinggang maupun ransel.(116)

Baca juga :  Puluhan Calon Perbekel di Gianyar Ikuti Deklarasi Damai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini