Remaja Dituntut Aktif Edukasi Permasalahan HIV/AIDS Sedini Mungkin

20221207 161732

Singaraja, DENPOST.id

Remaja diminta turut berpartisipasi dalam membantu pemerintah menjadi agen perubahan dikalangan sebayanya dengan memberikan edukasi dan informasi yang benar sehingga permasalahan seks bebas, NAPZA, PMS dan HIV/AIDS ini bisa dicegah sedini mungkin.

“Kami menyambut baik kreativitas dari remaja Generasi Berencana (Genre) yang tergabung dalam Forum Genre Provinsi Bali dan Forum Genre Kabupaten/Kota, khususnya Forum Genre Kabupaten Buleleng yang mengambil perannya dalam menginisiasi kegiatan hari ini,” tegas Penjabat (Pj) Ketut Lihadnyana dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng Nyoman Riang Pustaka saat membuka kegiatan Promosi Genre dalam momentum peringatan hari Aids bertempat di Wantilan Sasana Budaya Singaraja, Rabu (7/12).

Baca juga :  PDGI Buleleng Gelar Gosok Gigi Massal di Panti Asuhan

Pj Lihadnyana menambahkan partisipasi remaja yang bermakna tidak hanya semboyan semata, namun harus diterapkan dikehidupan para remaja. Melalui tema yang diusung dalam kegiatan hari ini yakni “Stop Inequality Prove Your Quality” sangatlah tepat menjadi seruan bersama untuk tidak mendiskriminasikan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) serta mengedepankan “Jauhi Virusnya Bukan Orangnya”.

“Kita semua setara. Mari kita saling merangkul dan mendukung, berprestasi serta berkontribusi untuk remaja Bali pada umumnya dan remaja Buleleng pada khususnya yang sehat, cerdas, ceria dan berencana,” pintanya.

Baca juga :  Batal Gunakan Hotel, Buleleng Siapkan Dua Asrama Sekolah untuk Isolasi Terpusat

Masih ditempat yang sama, Sekretaris BKKBN Provinsi Bali I Made Arnawa mengatakan HIV dan AIDS masih menjadi isu kesehatan yang ramai diperbincangkan. Infeksi karena virus ini diyakini lebih rentan terjadi pada usia remaja. Ini menjadi bukti bahwa remaja menjadi kelompok usia yang paling rentan mengalami infeksi HIV dan mengidap AIDS. HIV pada remaja juga dikaitkan dengan kurangnya edukasi pada remaja tentang tubuh mereka, baik dari segi fisik maupun mental hingga mengetahui bagaimana menjalin hubungan yang sehat dengan lawan jenis.

Baca juga :  Rapat Paripurna, Enam Fraksi Sampaikan Pandangan Umum Atas Ranperda

Arnawa menekankan bahwa BKKBN sebagai salah satu instansi yang berpartisipasi aktif dalam membantu dan membina menyiapkan masa depan remaja agar dapat merencanakan kehidupan berkeluarga serta menjawab tantangan yang terjadi pada remaja, melaksanakan Program Genre. Remaja Genre berkumpul dalam wadah Forum Genre yang berada di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Bali.

“Keberadaan Forum Genre dan remaja Genre kami harapkan menjadi media promosi program – program Pemerintah dan mampu membawa pengaruh positif di kalangan remaja sebayanya,” harapnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini