Pulihkan Ekonomi, Posisi UMKM Harus Strategis

picsart 22 12 08 15 49 16 897
GEMA UKM - Suasaba Gema UKM Buleleng, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Kamis (8/12/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Buleleng, Lihadnyana, berkomitmen menempatkan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) pada posisi strategis dalam upaya pemulihan ekonomi. Pemberdayaan UMKM akan dilakukan dengan upaya penuh dan terintegrasi.
Hal tersebut disampaikannya saat ditemui usai membuka Gemq UKM Buleleng, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Kamis (8/12/2022).

Kegiatan-kegiatan yang membuka kesempatan UMKM untuk lebih luas memasarkan produk-produk unggulannya, menurut Lihadnyana merupakan hal baik yang memang ditunggu.
“Kalau UMKM dan sektor pertanian diintegrasikan dengan pariwisata, itu menjadi sebuah kekuatan ekonomi yang luar biasa,” katanya.

Baca juga :  Pendapatan Menurun, THL Angkut Sampah Mesadu ke Ketua DPRD Buleleng 

Menurut Lihadnyana, pariwisata tidak bisa dijadikan sektor penopang ekonomi sepenuhnya. Karena pariwisata merupakan sektor yang resisten baik dengan isu keamanan, bencana, hingga penyakit. “Jika pariwisata kolaps, akan berdampak buruk bagi sektor yang ditunjangnya. Karenanya perlu desain ulang kebijakan ekonomi yang lebih mengutamakan pada potensi lokal dan UMKM,” imbuhnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini