Seleksi PPK, Ketua DPRD Ingatkan KPU Klungkung Jaga Transparansi

picsart 22 12 08 18 59 29 415
Ketua DPRD Klungkung, AA Gde Anom.

Semarapura, DENPOST.id

Proses seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan KPU Klungkung, sudah sampai tahap seleksi CAT (Computer Assisted Test). Namun, proses seleksi PPK mulai mendapat sorotan Ketua DPRD Klungkung, AA Gde Anom.

Bahkan politisi PDIP ini, mengingatkan KPU supaya menjaga transparansi karena proses seleksi PPK rawan ditunggangi praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Untuk mewujudkan Pemilu jujur dan adil, dibutuhkan penyelenggara yang profesional dan akuntabel. Jadi, saya mengingatkan agar KPU Klungkung dalam proses rekrutmen PPK dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan tidak ada KKN,” ujar Gung Anom kepada awak media, Kamis (8/12/2022).

Menurut Gung Anom, PPK sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu memiliki peran penting dalam mensukseskan Pemilu. KPU mesti menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki integritas. Apalagi informasi berseliweran di lapangan, peluang praktek KKN terbuka terjadi dalam rekrutmen PPK.

Baca juga :  23 September, Klungkung Akan Gelar Pembelajaran Tatap Muka

KKN itu, berpeluang terjadi saat proses tes wawancara. Karena tes wawancara dianggap penilaiannya sangat subjektif. Belum lagi pihaknya mendapat informasi ada dari keluarga komisioner KPU dan Bawaslu ikut seleksi PPK.

“Dari awal saya ingatkan ini agar proses rekrutmen PPK dikawal dan diawasi bersama. Sehingga petugas yang dilahirkan benar-benar profesional dan menjaga integritas,” tegasnya.

Menanggapi sorotan tersebut, Ketua KPU Klungkung, Gusti Lanang Mega Saskara mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang disampaikan Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom. Menurut Lanang Mega, seluruh masukan tersebut, akan disampaikan dalam rapat pleno bersama komisioner KPU yang lain sebelum pengumuman kelulusan PPK.

Baca juga :  Semprot Sayur, Petani Asal Bangli Ditemukan Tewas di Sawah

“Saya berterimakasih atas saran dan masukannya. Semua ini akan saya jadikan catatan dan akan saya sampaikan dalam pleno kepada teman-teman komisioner,” ujar Mega Saskara. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini