Penebangan Liar 17 Pohon Ditemukan di Gunung Batur

picsart 22 12 08 20 01 26 404
BATANG KAYU - Petugas temukan beberapa batang kayu yang diduga hasil penebangan pohon cemara gunung di Gunung Batur.

Bangli, DENPOST.id

Dugaan kasus penebangan pohon secara ilegal atau liar terjadi di jalur pendakian Gunung Batur, Kintamani, Bangli. Hasil penelusuran tim BKSDA bersama Polsek Kintamani, dan unsur TNI, Kamis (8/12/2022), ditemukan sebanyak 17 tegakan pohon yang ditebang dengan diameter bervariasi sekitar 10 sampai dengan 15 cm, dengan jenis pohon cemara gunung.

“Setelah dapat laporan, kami lakukan pengecekan ke lokasi. Memang benar telah terjadi penebangan pohon jenis cemara gunung,” kata Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto.

Baca juga :  Rutan Bangli Isolasi Napi dengan Rapid Test Reaktif

Dijelaskan dia, penebangan tersebut terjadi
di jalur pendakian Gunung Batur, tepatnya dari Pura Pasar Agung sampai puncak 2 Gunung Batur. Di mana, titik koordinat lokasi S -8.262054 E.115.385793 dan S.-8.251384115.3999985.

“Kemudian dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian ditemukan bahwa lokasi potongan kayu bergeser dari lokasi penebangan menuju aktivitas perkemahan di puncak 2,” jelasnya.

Kapolsek juga menjelaskan pihaknya bersinergi dengan BKSDA masih mendalami kasus penebangan pohon ini, dengan melaksanakan lidik dan memeriksa para saksi di lokasi kejadian. “Kami bersinergi dengan BKSDA masih mendalami kasus ini, dan memeriksa para saksi yang berada di lokasi kejadian,” tambahnya.

Baca juga :  Dosen Undiksa Tewas Tenggelam di Danau Batur

Barang bukti berupa sisa hasil tebangan sebanyak delapan batang saat ini diamankan di Kantor Resort GBBP, sembari menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut. Namun kuat dugaan, penebangan pohon secara liar ini digunakan sebagai bahan mendirikan warung. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini