Pemprov Bali Gelar Seleksi Terbuka untuk Posisi Dewan Pengawas dan Direksi

picsart 22 12 09 12 41 03 233
Dewa Putu Sunarta

Denpasar, DENPOST.id

Pemerintah Provinsi Bali saat ini sedang membentuk Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kerthi Bali Santhi. Perumda ini dibentuk dalam rangka penyelenggaraan pariwisata digital budaya Bali sesuai dengan Perda Provinsi Bali No. 2 Tahun 2022.

Perumda Kerthi Bali Santhi juga ditujukan untuk lengelolaan kepariwisataan berbasis digital. “Karena itu, dibentuk pula Panitia Seleksi Anggota Dewan Pengawas Dan Direksi Perusahaan Umum Daerah Kerthi Bali Santhi. Panitia Seleksi membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat umum untuk berkarir sekaligus mendedikasikan diri sebagai Pejabat dalam Organ Badan Usaha Milik Daerah pada Perumda Kerthi Bali Santhi, yang bergerak dalam bidang ekonomi digital khususnya pariwisata,” kata Ketua Panitia Seleksi, Dewa Putu Sunartha, di Denpasar pada Kamis (8/12/2022).

Baca juga :  Sengketa Tanah di Sesetan, Oknum Aparat Ancam Gembok Paksa

Sebagaimana tercantum dalam surat dengan Nomor : 002/PANSEL/KBS/2022 yakni Pengumuman Seleksi Terbuka Penerimaan Bakal Calon Dewan Pengawas dan Direksi Perusahaan Umum Daerah Kerthi Bali Santhi, pihak panitia disebutkan Sunartha akan menyeleksi 1 orang Ketua Dewan Pengawas dan 3 orang Direksi yakni 1 orang Direktur Utama, 1 orang Direktur Operasional dan Keuangan, 1 orang Direktur Bisnis dan Pengembangan Digital. Dewan Pengawas Bertugas melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direksi dalam menjalankan kegiatan pengurusan perusahaan umum Daerah. Lalu Direktur Utama bertanggung jawab atas pengurusan Perumda Kerthi Bali Santhi untuk kepentingan dan tujuan Perumda Kerthi Bali Santhi dalam mengakses seluas-luasnya potensi ekonomi digital.

Selanjutnya Direktur Operasional dan Keuangan Bertanggung jawab terhadap proses operasional, keuangan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem digital serta mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik. “Direktur Bisnis dan Pengembangan Digital Bertanggung jawab dalam membangun inovasi proses dan modal bisnis serta mengembangkan teknologi digital,” kata Sunartha.

Baca juga :  Gubernur Koster Paparkan Keunikan Geopark Batur di Hadapan Tim Assessor UNESCO Global Geopark

Dijelaskan pula,  tahapan seleksi akan dimulai dengan seleksi administrasi. Bagi peserta yang memenuhi syarat administratif dinyatakan lulus dan dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Hasilnya akan diumumkan melalui website yang telah ditetapkan. Penyampaian surat lamaran dapat dilakukan mulai tanggal 8 Desember 2022 dan paling lambat tanggal 15 Desember 2022 pukul 12.00 wita. “Lalu dilanjutkan dengan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yakni lsikotes, ujian tertulis sesuai tema yang ditentukan oleh Tim UKK, presentasi makalah dan rencana bisnis serta terakhir wawancara,” jelas Sunartha.

Baca juga :  Terjaring Razia Prokes, Belasan Warga Dites Antigen

Dia juga menggarisbawahi bahwa pelamar hanya dapat melamar untuk 1 jabatan dan selama proses seleksi panitia seleksi tidak memungut biaya. “Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat serta Formulir surat pernyataan dapat diunduh melalui website di https://www.baliprov.go.id,” imbuhnya.

Seperti sempat dijelaskan Gubernur Bali, Wayan Koster belum lama ini, Perumda ini akan mengintegrasikan sejumlah lokapasar (marketplace) dengan pelaku UMKM bidang kerajinan di Bali dan akan menjadi portal satu pintu pariwisata Bali. Anggotanya terdiri dari UMKM, industri kerajinan tangan, maupun penghasil produk lokal lainnya. (115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini