Bupati Bangli Resmikan Pasar Singamandawa

picsart 22 12 09 16 34 51 028
POTONG PITA - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Memotong pita sebagai tanda dibukanya Pasar Singamandawa, Kintamani. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Menyusul rampungnya pembangunan tahap I, Pasar Singamandawa, Kintamani, Bangli, Kamis (8/12/2022) resmi dibuka kembali Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. Peresmian didampingi Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar serta Wakil Ketua DPRD Bangli, Komang Carles.

Proyek pembangunan Pasar Singamandawa tahap pertama ini menghabiskan dana Rp 7.201.452.000 dan dikerjakan selama 178 hari pembangunan. Dalam sambutannya, Sedana Arta menjelaskan, tahap pertama pembangunan pasar ini berfokus kepada struktur bangunan ruko yang nantinya dapat memberikan kenyamanan bagi para calon pedagang maupun pembeli.

Baca juga :  Peringati HUT Ke-51 KORPRI, Pemkab Klungkung Gelar Jalan Santai

Dia berharap nantinya tidak hanya Pasar Singamandawa, tetapi seluruh pasar di Bangli dapat mencontoh sistem pembayaran nontunai (cashless) atau pembayaran digital melalui qris seperti di kabupaten lain yang sudah banyak mengadaptasi perkembangan zaman dan sudah diterapkan di pasar tradisionalnya. “Sebagai contoh, ada pasar di luar Bangli yaitu Pasar Banjar di Buleleng sudah 100 persen nontunai,” sebutnya.

Pihaknya juga menekankan kepada OPD terkait yakni Kadis PU PR-PERKIM dan Dinas Perindag, Bangli untuk dapat menyelesaikan proses tender pembangunan Pasar Singamandawa tahap II pada akhir tahun ini, atau maksimal pada Januari tahun depan. Turut pula dia memerintahkan Inspektur Bangli untuk mengawal proses tender tersebut agar dapat selesai tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan.

Baca juga :  Ciptakan Value Berkelanjutan bagi Pekerja, Menaker Apresiasi BRI

Sedikitnya Rp 75 miliar disiapkan dana untuk pembangunan tahap II tersebut. Pihaknya mengaku sangat perhatian pada penataan pasar tersebut. Sebab, mampu meningkatkan perputaran ekonomi tidak hanya di Kintamani, tetapi juga perekonomian di Bangli, sehingga dapat meningkatkan pula PAD Bangli. Bupati juga berpesan untuk pengelola pasar agar dapat memberikan transparansi pada pengelolaan pasar tersebut dan tentunya harus tetap berbenah serta bersama menjaga kebersihan Pasar Singamandawa.

Baca juga :  Jadi Tersangka, Pelaku Colek Paha di Bangli

“Kami minta komitmen tegas dari para pedagang terhadap pengelola pasar untuk dapat membuka dagangannya setiap hari, bukan tiga hari sekali,” tegasnya.

Sebagai penutup dari rangkaian peresmian Pasar Singamandawa, Bupati Bangli langsung bersama Wabup dan Wakil Ketua 2 DPRD Bangli bersama pimpinan OPD terkait melakukan peninjauan langsung terhadap bentuk struktur dan kualitas bangunan ruko. (c/128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini