12 Peserta Ikuti Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal

picsart 22 12 11 17 21 48 332
BAPANG BARONG - Salah satu peserta bapang barong, saat tampil di wantilan depan Tugu Pahlawan Desa Wisata Penglipuran.

Bangli, DENPOST.id

Berbagai kegiatan dan lomba digelar dalam serangkaian Penglipuran Village Festival (PVF) IX Tahun 2022, di Desa Wisata Penglipuran, Kubu, Bangli. Salah satunya lomba bapang barong dan lomba makendang tunggal yang digelar, Minggu (11/12/2022).

Ketua Panitia PVF IX, Sandi Putra mengungkapkan lomba kali ini diikuti masing-masing 12 peserta, baik barong maupun kendang dari sejumlah sanggar terbaik di Bali. “Penglipuran Village Festival kali ini, kami undang sanggar-sanggar yang ada di Bali untuk ikut terlibat dalam lomba bapang maupun makendang. Ini sebagai konsen kami untuk selalu melestarikan budaya kita di Bali,” kata Sandi Putra.

Baca juga :  Lakalantas, Satu Unit Mobil Terbalik

Dikatakan dia, dalam lomba ini melibatkan enam juri yang sudah berkompeten di bidangnya, salah satunya seniman. Dipilih tiga peserta terbaik, baik barong maupun makendang dengan sistem tarung bebas. Artinya penari barong dan penabuh (kendang) tidak dalam satu tim. “Dipilih secara acak. Sebelum menari, perwakilan peserta barong memilih kertas yang sudah digulung, memilih siapa penabuh yang akan diajak pentas bersama,” jelasnya.

Mereka diberikan batas waktu 15 menit. (128)

Baca juga :  Akui Bisa Tingkatkan PAD, Bupati Bangli Juga Klaim Sesuai Aturan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini