Petani Dimotivasi Gagas Usaha Berorientasi Agribisnis

picsart 22 12 13 16 46 22 763
KTNA - Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, mengukuhkan pengurUs KTNA Kecamatan se-Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Selama ini kesejahteraan kehidupan petani dirasakan masih sangat kurang. Pendapatan petani selalu berfluktuasi, sehingga petani perlu dimotivasi mengarah usaha yang berorientasi pada agribisnis, agriindustri dan agrowisata. Hal itu dikatakan, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, saat melantik Pengurus Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan se-Kabupaten Bangli, Selasa (13/12/2022) di Ruang Pertemuan Kantor Dinas PKP Kabupaten Bangli.

Lebih lanjut dijelaskan, saat pandemi Covid-19, sektor pertanian masih bisa bertahan dalam menopang ekonomi masyarakat. Banyak pekerja yang di-PHK melirik pertanian sebagai alternatif penyambung hidup. Mereka adalah kaum intelektual yang menguasai informasi dan teknologi sehingga mampu menciptakan terobosan baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh para petani konvensional. “Hal-hal seperti inilah yang patut kita kembangkan sehinggga kesejahteraaan petani bisa ditingkatkan,” katanya.

Baca juga :  Lagi, Empat Warga Serokadan Positif Corona

Lebih lanjut dikatakan, dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani, KTNA merupakan organisasi yang menjembatani para pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengadopsi inovasi teknologi pertanian yang mempunyai keunggulan kompetitif, melalui sistem usaha agrobisnis, agroindustri dan agrowisata untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. “Melalui kesempatan ini kita berharap KTNA dan petani Bangli untuk mendukung mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli melalui pola pembangunan berencana semesta menuju Bangli Era Baru,” ucapnya.

Ketua KTNA Kabupaten Bangli, I Nengah Sandiyasa, mengatakan, pemilihan pegurus KTNA di masing-masing kecamatan dilaksanakan dari tanggal 31 Oktober 2022 hingga 4 November 2022. “Kita harap mereka nanti bisa memberikan motivasi kepada petani untuk melirik usaha pertanian agar sektor pertanian bisa lebih maju,” sebutnya.

Baca juga :  Diduga Terlibat Penipuan dan Penggelapan, Perbekel Catur Ditahan

Ditambahkannya, KTNA Bangli di tahun 2023 nanti, KTNA Kabupaten Bangli akan mengikuti Penas Nasional di Sumatera Utara. Sebelumnya, KTNA Kabupaten Bangli mengikuti Penas Kalimantan dengan mengirimkan 5 perwakilan petani, Penas Malang mengirimkan 26 petani dan yang terakhir di Penas Aceh mengirimkan 30 orang petani. “Kita dari tahun ke tahun mengikuti Penas. Kita berharap pemerintah memberikan anggaran kepada KTNA untuk mengikuti Penas, minimal pesertanya sama dibandingkan tahun lalu,” tandasnya. (c/128)

Baca juga :  BRI Beri Beasiswa bagi 1.800 Anak Tenaga Pendukung Kesehatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini