SMK TI Bali Global Denpasar Perkenalkan Film Animasi MoW Panji Semirang ke Siswa SMP

bandem
FILM ANIMASI - Suasana penayangan film animasi MoW Panji Semirang kepada siswa/i SMP Kota Denpasar di Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara, Rabu (14/12/2022). (DenPost.id/ist)

Lumintang, DenPost.id

Prestasi gemilang bidang teknologi dan budaya siswa/i SMK TI Bali Global Denpasar tidak  diragukan lagi. Tahun 2022 ini sebanyak 99 prestasi tingkat regional, nasional, dan internasional, mampu diraihnya yang terdiri atas 25 prestasi tingkat regional, 72 prestasi tingkat nasional, dan dua prestasi tingkat internasional. Hal ini diungkap Kepala SMK TI Bali Global Denpasar, Drs. I Gusti Made Murdjana, M.Pd., di sela-sela penayangan film animasi Memory of the World (MoW) Panji Semirang di Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara, Rabu (14/12/2022).

Film animasi ini mulai diperkenalkan ke siswa/i SMP se-Kota Denpasar setelah ditayangkan perdana pada 30 September 2021. Film animasi hasil unit produksi siswa/i SMK TI Bali Global Denpasar ini ditayangkan selama tiga hari (14-16 Desember 2022). Para siswa/i SMP dari berbagai sekolah di Kota Denpasar secara bergilir diundang untuk menyaksikan film animasi yang merupakan dongeng abad ke-13 mengenai petualangan Pangeran Panji.

 

Pada hari pertama penayangan film, Rabu (14/12) kemarin, siswa/i dari SMP N 10 Denpasar begitu antusias dan memberi kesan positif terhadap film animasi MoW Panji Semirang ini. Pembukaan penayangan film ini difasilitasi Disdikpora Kota Denpasar, Disbud Kota Denpasar, Dinsos Kota Denpasar, dan Diskominfos Kota Denpasar. Pembukaan penayangan film ini dihadiri Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti, Prof. Dr. I Made Bandem.

Baca juga :  Covid-19 Kembali Merebak, PTM Diharapkan Jalan Terus

Dalam kesempatan itu Prof.Bandem menjelaskan cerita Panji menandai perkembangan sastra Jawa yang tidak lagi dibayangi oleh India dengan epos besar Ramayana dan Mahabharata yang dikenal di Jawa sejak abad 12. Pada masa Kerajaan Majapahit (abad 14-15) cerita Panji sangat populer dan disebarkan oleh para pedagang melalui perjalanan laut dari Pulau Jawa ke Bali, Melayu, Thailand, Myanmar, Kamboja dan mungkin Filipina. Prof. Bandem mengungkapkan film animasi yang digarap para siswa/i SMK TI Bali Global Denpasar ini menjadi bukti nyata dukungan SMK TI Bali Global Denpasar terhadap budaya Nusantara yang diakui dunia menjadi Warisan Tak Benda Indonesia.

Kepala SMK TI Bali Global Denpasar, Drs. I Gusti Made Murdjana, M.Pd., menambahkan film animasi dua dimensi berdurasi 38 menit ini merupakan karya yang mampu memperkaya konten ekonomi digital di Bali, Indonesia dan bahkan dunia. Apalagi ada beberapa hal yang mendasari lahirnya film animasi ini. Pertama: sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pujangga dan tetua bangsa yang telah menciptakan, menerbitkan dan meluaskan cerita Panji sebagai salah satu cerita kepahlawanan yang dibalut romantisme dalam cerita kebudayaan asli nusantara. “Kedua: film animasi MoW Panji Semirang ini adalah pengakuan dari kami SMK TI Bali Global Denpasar terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam wiracarita Panji yang dapat kita jadikan contoh dalam kehidupan dewasa ini, di antaranya, keberanian, kesetia kawanan, kolaborasi, kreativitas, kecerdasan, spiritualitas, dan tentu saja tidak kalah pentingnya cinta kasih kepada orangtua, sesama dan berani berkorban untuk nusa dan bangsa,” tegas Made Murjana.

Baca juga :  Atap Sekolah Jebol, Siswa Belajar di Tempat Parkir

KetigaL lanjutnya, film ini adalah cara generasi SMK TI Bali Global Denpasar merelevansi ilmu pengetahuan dengan memajukan industri kreatif melalui Unit Produksi Animasi atau Teaching Factory SMK TI Bali Global Denpasar menuju SMK Pusat Keunggulan. “Keempat: mari kita jadikan film animasi Panji Semirang ini sebagai salah satu pilar Ekonomi Kerthi Bali yang edukatif sesuai visi Gubernur Bali sekaligus dapat mengedukasi dan menghibur kita semua,” ungkapnya.

Baca juga :  Nama Stikom Kembali Didompleng, Yayasan Minta Masyarakat Jangan Terkecoh

Made Murjana juga menyampaikan bahwa selain film animasi MoW Panji Semirang, saat ini Unit Produksi Film Animasi SMK TI Bali Global Denpasar menggarap enam film animasi yang terpilih dari 33 diorama UPTD Monumen Perjuangan Rakyat Bali di Renon, Denpasar.

Pada hari yang sama SMK TI Bali Global Denpasar juga menggelar doa bersama menyambut hari raya Natal bersama siswa/i SMK TI Bali Global Denpasar yang beragama Kristen. Doa bersama ini dipimpin empat pendeta dan diikuti oleh guru agama Kristen di SMK TI Bali Global Denpasar. Pada kesempatan ini, Made Murjana mengucapkan selamat menyambut hari Natal kepada seluruh umat Kristen yang jatuh pada 25 Desember mendatang. Salah satu pendeta mengucapkan terima kasih kepada lembaga SMK TI Bali Global Denpasar yang telah rutin setiap tahun memfasilitasi doa Natal bersama di sekolah. Hal ini menandakan bahwa SMK TI Bali Global Denpasar konsisten menjadi sekolah yang memupuk kerukunan antarumat beragama. (kmb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini