Februari 2023, Pelebon Almarhum I Gusti Ngurah Alit Yudha

picsart 22 12 14 20 08 35 291
Alm. I Gusti Ngurah Alit Yudha.

Mangupura, DENPOST.id

Setelah melakukan rembuk keluarga, pihak
Jeluarga besar Puri Carangsari, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, telah merancang upacara pelebon alm I Gusti Ngurah Alit Yudha. Upacara pelebon putra ke tiga dari Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini, akan dilaksanakan pada Februari 2023.

I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, putri alm membenarkan perihal tersebut. Menurut dia, keputusan melaksanakan palebon pada tahun depan lantaran terbentur hari raya Galungan. “Tanggal 23 Desember ini akan dilakukan nyiramin (pemandian jenazah-red), kebetulan bertepatan dengan tilem. Namun, untuk palebon pada, 10 Februari 2023. Jadi, kita harus melewati Galungan dan Kuningan,” ungkap Inda Trimafo, Rabu (14/12/2022).

Baca juga :  Puan Maharani Sosialisasi “Ingat Pesan Ibu” di Abiansemal

Sejatinya, kata Inda Trimafo ada dua opsi yang awalnya tercetus terkait upacara pelebon. Pertama, akan dilaksakan sebelum Galungan, yakni pada penyajan Galungan atau dua hari sebelum Galungan. Pilihan kedua dilakukan pelebon usai Galungan dan Kuningan pada, 10 Februari 2023.

“Jadi, ada dua pilihan. Kebetulan sebelum Galungan kan ada penyajaan, tapi karena beliau seorang tokoh dan penglingsir puri, kalau pun upakaranya siap kami juga harus menunggu kelengkapan lainnya, seperti naga dan bade kan tidak bisa dibuat dalam waktu dua Minggu,” jelasnya.

Baca juga :  Badung Kurangi Pembuangan Sampah ke TPA Suwung

Terkait ukuran bade yang akan disiapkan, Inda Trimafo menyebutkan sama dengan palebon sebelumnya. Seperti diketahui, pelebon Penglingsir Puri Carangsari I Gusti Ngurah Putu Darmika, dan keponakannya Anak Agung Ngurah Wiranegara menggunakan bade tumpang sia (tingkat sembilan) dan naga kaang.

“Bade yang akan dipakai sama dengan yang sebelumnya, karena tidak boleh lebih tinggi dari sebelumnya. Sebab, yang di-pelebon sebelumnya itu lebih lingsir (tua) dari ajung (ayah), jadi tidak boleh melebihi,” katanya. (115)

Baca juga :  Rayakan HUT Ke-50, Disel Astawa Promosikan Panggung Budaya Praharsacitta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini