RSU Negara Buka Klinik Tradisional

klinik
KLINIK TRADISIONAL - Bupati Jembrana mencoba pelayanan Klinik tradisional kini sudah beroperasi di RSU Negara.

Negara, DENPOST.id

RSU Negara kini dilengkapi fasilitas klinik pengobatan tradisional. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, meresmikan klinik tradisional ini saat HUT ke-88 RSU, Kamis (15/12/2022).
Direktur RSU Negara, dr. Ni Putu Eka Indrawati, mengatakan, terdapat 4 layanan kesehatan dari Klinik Kesehatan Tradisional Integritas yakni akupuntur, akupresure, hipnoterapi. Selain itu ada pula fasilitas  yoga untuk ibu hamil serta yoga yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum.

Baca juga :  Kasat Lantas Jembrana akan Tindak Tegas Pemudik

Klini ini juga dilengkapi ruang meditasi dan ada pojok jamu.
“Jamu ini sebenarnya kami mau memanfaatkan UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana, seperti ada black garlic kemudian ada loloh cemcem,” katanya.

Dalam pengoperasiannya, RSU Negara telah memiliki  tenaga yang bersertifikat.
“Untuk akupuntur memang khusus kuliahnya D-IV Akupuntur dan ada perawat yang bertugas untuk akupresure, kemudian ada wellness. Kami juga melayani SPA baby dan itu dilayani oleh bidan yang berkompetensi,” paparnya.

Bupati Tamba menyambut baik hadirnya Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi tersebut.
Menurutnya hal itu sesuai dengan komitmen  menjalankan   Peraturan Gubernur Bali Nomor 55 Tahun 2019 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali.
“Kita mentaati dan menerjemahkan Pergub No 55 Tahun 2019 Provinsi Bali. Melengkapi kelengkapan fungsi Rumah Sakit Umum Negara, selain pelayanan modern juga ada pelayanan alternatif,” ungkapnya.

Baca juga :  Polres Jembrana Tangkap Pencuri Traktor

Tamba juga menyampaikan akan berkolaborasi dengan pelayan usadha atau mereka yang memiliki keahlian dalam pengobatan tradisional bali dari yayasan atau komunitas.
“Ke depan ini kita coba kolaborasi dengan teman-teman yang sudah mampu menciptakan obat-obat herbal atau pelayanan usada,” imbuhnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini