Spenma Denpasar Bertekad Hantarkan Generasi Z Unggul

rapor12
BAGIKAN RAPOR - Wali kelas SMPN 5 Denpasar membagikan rapor siswa kepada orangtua mereka di kelas masing-masing, Kamis (15/12/2022). (DenPost.id/ist)

Ubung, DenPost.id

SMP Negeri 5 Denpasar bertekad menghantarkan generasi Z yang unggul dan mengglobal melalui penguasaan skill 4 C. Hal ini adalah critical thinking (keterampilan berpikir kritis), communication (komunikasi), creative thinking (berpikir kreatif), dan collaboration (kolaborasi atau/keterampilan bekerja sama). Kepala SMP Negeri 5 Denpasar Dr. Putu Eka Juliana Jaya, S.E., M.Si., mengungkapkan hal itu di sela-sela pembagian rapor kepada para siswa setempat, Kamis (15/12/2022).

“Kepala Sekolah bersama seluruh stakeholders di SMP Negeri 5 Denpasar menyatakan kesanggupan menjawab tantangan globalisasi, menghantarkan generasi Z untuk tanggap dan menguasai skill 4C,” ujar Wawa Arjaya, sapaan akrab Putu Eka Juliana Jaya.

Menurutnya, dalam rapor yang dibagikan ke para siswa ini memuat komponen penting penilaian yang umum yaitu penilaian kemampuan akademik, penilaian ketrampilan akademik, penilaian non-akademik melalui pilihan ekstrakurikuler yang diminanti siswa, sikap spiritual dan sikap sosial secara umum. “Semua penilaian ini diyakini dapat mengasah skill yang dibutuhkan di abad ke-21 yaitu keterampilan critical thinking, communication, creative thinking, dan collaboration,” tegasnya.

Pemegang Sertifikat Guru Penggerak Pioner Angkatan 1 ini menjelaskan SMP Negeri 5 Denpasar tidak mendewakan sisi akademik saja, namun juga secara seimbang menilai sisi non-akademik dan karakter siswa. Karakter siswa dinilai dengan mengacu pada unsur yang ada dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong-royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. “Balancing ini diyakini dapat memberikan fondasi dalam mencetak suatu sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing secara holistik di masa depan. Sumber daya manusia yang memiliki fondasi sekuat itu, tentu akan berbanding lurus dengan kuatnya suatu bangsa,” paparnya.

Baca juga :  Mobil Agung Mirah Dijual Rp 25 Juta di Boyolali

Ketua Panitia PTS, PAS, PAT di SMP Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023, Ni Putu Suryawati, S.Pd., menjelaskan bahwa ini memfinalisasi pembelajaran selama satu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 melalui pembagian rapor kepada 937 siswa yang terdiri dari 320 siswa kelas VII 238 siswa kelas VIII dan 379 siswa kelas IX. Pembagian rapor dilakukan oleh para wali kelas di kelas masing-masing. Rapor dibagikan kepada siswa melalui orangtua siswa. “Tujuannya ada komunikasi dan kolaborasi antara pihak sekolah dengan pihak orangtua dalam pendidikan anak bangsa, calon pemimpin masa depan kita,” ungkapnya.

Baca juga :  Pedagang Pasar Kumbasari Diimbau Pakai Masker Dobel

Bila terjadi kekhususan, baik berupa kendala atau potensi, dapat disikapi lebih dini bersama-sama antara sekolah dan guru dengan orangtua siswa. Menurutnya, itulah amanah dari student center, berpusat pada murid, keberpihakan pada murid, yaitu menghargai siswa dengan segala keberadaan, minat, bakat, potensi mereka. “Dalam setiap langkah, kegiatan, program di sekolah semua bermuara untuk kepentingan mendidik, membina, membekali setiap murid satu per satu agar memiliki skill dan ilmu yang dibutuhkannya di masa depan,” tandasnya. (eka)

Baca juga :  Sekelompok Warga Kampung Jawa Buat Kerumunan Sahur, Pemkot Siapkan Sanksi Administratif  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini