BRI Raih Penghargaan Top BUMN Awards 2022 Kategori Korporasi

picsart 22 12 17 21 51 09 324
PENGHARGAAN - BRI kembali menerima penghargaan sebagai TOP BUMN Award 2022 Kategori Korporasi oleh Harian Bisnis Indonesia.

Jakarta, DENPOST.id

Menjelang HUT ke-127, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kembali mencatatkan prestasi dengan menerima penghargaan sebagai TOP BUMN Award 2022 Kategori Korporasi oleh Harian Bisnis Indonesia. BRI dinilai memiliki kontribusi besar sebagai BUMN terhadap pemulihan ekonomi Indonesia sekaligus mampu mencatatkan kinerja positif yang berkelanjutan.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto, menerima langsung penghargaan tersebut pada Selasa (13/12/2022) di Jakarta.  Andrijanto mengungkapkan, pencapaian ini tidak terlepas dari kinerja terbaik yang selalu diberikan oleh Insan BRILiaN (Pekerja BRI). Sejalan dengan hal tersebut, BRI senantiasa terus melakukan transformasi secara berkelanjutan melalui BRIVolution 2.0 agar perseroan mampu terus Tumbuh dan semakin Tangguh.

Baca juga :  Seleksi Peningkatan Kompetensi Calon PPPK Rebutkan 11 Formasi

“Penghargaan ini kami dedikasikan kepada seluruh Insan BRILiaN di seluruh Indonesia yang telah berkontribusi optimal memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Pencapaian ini juga merupakan bukti bahwa BRI terus konsisten menciptakan social & economic values untuk Indonesia,” katanya.

Proses penjurian Top BUMN Awards 2022 melibatkan ekonom dan ekspertis serta diuji melakukan metode penilaian yang objektif terhadap 101 perusahaan BUMN.  Penjurian diketuai oleh Prof. Ir Roy H.M Sambel sebagai Ketua, bersama Aviliani dan Maria Yuliana Benyamin sebagai anggota.

Penilaian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Dalam menilai kinerja perseroan, juri melakukan perhitungan Compound Annual Growth Rate (CAGR) atas Laporan Keuangan Tahun Buku 2019-2021 serta metode perhitungan Adjust R Square atas Laporan Keuangan Tahun Buku 2014-2021.
Penilaian juga didukung oleh metode kualitatif yang mengobservasi peran dan kontribusi korporasi BUMN terhadap perekonomian nasional selama masa pandemic dan analisis data Laporan Keuangan serta Laporan Keberlanjutan tahun buku 2021.

Baca juga :  Presentasikan RUU Provinsi Bali, Gubernur Koster Didampingi Personel Lengkap

“Di tengah dinamika ekonomi global, BRI mampu menjaga fundamental kinerja keuangan yang positif, dengan tetap fokus pada core business di segmen UMKM, kualitas asset yang terjaga dengan prudent, serta likuiditas yang memadai.  Maka dari itu, kami berkomitmen terus menunjukan kinerja yang solid ke depan,” terangnya.

Hingga kuartal III-2022, BRI Group kemudian berhasil mencatatkan laba bersih senilai Rp 39,31 triliun atau tumbuh 106,14% yoy dengan total aset meningkat 4,00% yoy menjadi Rp 1.684,60 triliun.
Di samping itu, BRI secara konsolidasi tercatat telah menyalurkan kredit Rp 1.111,48 triliun atau tumbuh 7,92% year on year (YoY). Sebagai upaya menumbuhkembangkan UMKM, portofolio kredit UMKM BRI tercatat meningkat sebesar 9,83% yoy dari Rp 852,12 triliun di akhir September 2021 menjadi Rp 935,86 triliun di akhir September 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus meningkat, menjadi sebesar 84,20%. (*/111)

Baca juga :  2022, Kinerja Himbara Diproyeksikan Kembali "Hijau" 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini