Empat Desainer Muda Bali Bangga Tampil di Paris

koko1
Kadek Dode Moneko, Ida Ayu Karang, Komang Lusi Damayanti, Made Adi Mariana

KETUA Dekranasda Provinsi Bali Putri Koster memberi kesempatan empat desainer muda Bali unjuk kemampuan untuk mempromosikan rancangan mereka di kota mode, Paris, Prancis, pada acara fashion (fesyen) show, Sabtu (10/12/2022) siang waktu setempat.  Keempat desainer itu yakni Kadek Dode Moneko (Wastara), Komang Lusi Damayanti (Lusi Damai), Ida Ayu Karang (Body & Mind), dan Made Adi Mariana (Taksu Design). Mereka menampilkan masing-masing 10 desain rancangan berbahan kain tenun tradisional Bali di acara fesyen bertajuk ‘’Le Magnifique de Wastra Bali atau The Magnificent of Wastra Bali’’ yang dilaksanakan di Le Salon Des Miroirs, 13 Pass, Jouffroy 75009, Paris.

Desainer I Kadek Dode Moneko yang rancangannya dikenal dengan merk dagang Wastara Bali merasa sangat bersyukur diberi kesempatan luar biasa mengikuti fesyen di Paris. “Awalnya tiang (saya) hanya mimpi bisa menginjakkan kaki di kota fesyen Paris. Namun kini semua jadi kenyataan. Ini tidak luput dari support luar biasa dari Ibu Putri Suastini Koster.” ujarnya, dengan mata berbinar bahagia, sambil berkali-kali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Istri Gubernur Bali, Wayan Koster ini.

Dode Moneko juga telah diberi kesempatan ikut ambil bagian dalam Pameran IKM Bali Bangkit di Art Center, Taman Budaya Bali, Denpasar.  Dode — panggilan akrab pria kelahiran Denpasar ini — juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster serta sponsor BPD Bali, Perumda Kerta Bali Saguna, dan Balimall.id, yang mendanai fesyen di Le Salon Des Miroirs, Paris. “Tiang (saya) mulai mengenal fesyen dan memberanikan diri terjun ke dunia fesyen sejak SMA. Belajar otodidak, memulai dari belajar desain ilustrasi sendiri, lalu membuat baju dengan seadanya dan coba-coba saja. Tentunya suatu kebanggaan luar biasa tiang bisa menampilkan rancangan di fesyen The Magnificent of Wastra Bali ini”, tegasnya, terbata-bata

Baca juga :  Kasus Reklamasi di Pantai Melasti, Dipanggil Polda Bali, Direksi PT Tebing Mas Mangkir 

Sedangkan Komang Damayanti, pemilik merk Lusi Damai, mengaku bahwa ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Mimpi sederhana ingin mengenalkan busana endek sampai ke Paris. ‘’Mimpi ini menjadi nyata dan saya mendapat bonus luar biasa, diberi kesempatan menampilkan koleksi fesyen berbahan kain Endek asli Bali di Paris,” tegasnya.

Lusi Damai sejak awal tahun 2013 tetap konsisten mengenakan endek bali dalam setiap desain rancangannya untuk koleksi ready to wear yang bisa dikenakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Damayanti mencoba mengangkat kecantikan tenun songket jembrana yang dipadankan dengan tenun seseh dan motifnya untuk desain busana yang modern serta bisa dikenakan oleh siapa pun. “Terima kasih Ibu Putri Koster yang terus membimbing dan memotivasi kami, serta memberi kesempatan di Pameran IKM Bali Bangkit. Kali ini benar-benar mewujudkan mimpi kami untuk bisa tampil di kota mode Paris,” ungkap Damayanti seraya mengucapkan terima kasih pula kepada para sponsor  BPD Bali, Perumda Kerta Bali Saguna, dan Balimall.id.

Baca juga :  Angka Kematian Lakalantas Tembus 405 Orang, Didominasi Usia Produktif

Mendapat tanggapan yang luar biasa dari tim, undangan yang hadir dan khususnya dari Dior dirasakan Damayanti, karena akan sangat memacu desainer Bali untuk lebih maju dan terus  berkreasi, berinovasi, dan berkontribusi secara berkelanjutan, khususnya melestarikan kain endek bali kebanggaan warisan leluhur.

Pun desainer Ketut Adi Mariana merasa sangat beruntung bisa menampilkan rancangannya dalam fesyen bertajuk ‘’The Magnificent of Wastra Bali’’ di Le Salon Des Miroirs, Paris, Sabtu (10/12/2022). “Saya bersyukur diberi kesempatan untuk fesyen di Paris. Melalui fesyen ini, saya dapat mempromosikan produk unggulan Bali lewat rancangan desain berbahan kain tenun tradisional Bali,” ujar pemilik merk dagang Taksu Bali ini.

Ketut Adi sangat mengapresiasi fesyen ini dan menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Ketua Dekranasda Bali Putri Koster yang memberinya kesempatan ikut ambil bagian. Ucapan terima kasih juga disampaikannya ke para sponsor Bank BPD Bali, Perumda Kerta Bali Saguna , dan Balimall.id.  “Bunda Putri Koster banyak membantu. Kami diberikan ruang di Pameran Bali Bangkit untuk memperkenalkan produk Taksu Bali di tengah situasi ekonomi yang terpuruk akibat pandemi covid-19,” ungkap Made Adi, sambil menegaskan bahwa kebijakan Gubernur Koster yang sangat jelas berpihak pada IKM dan UMKM di Bali.

Melalui kegiatan fesyen ini, lanjut  Adi, banyak hal positif dan pengalaman berharga yang didapatkannya ketika melakukan kegiatan di Paris. Pengalaman paling mengesankan yakni dipertemukan secara langsung dengan tim Christian Dior. Made Adi merasa diedukasi untuk lebih bisa mengembangkan desain yang berkualitas.

Baca juga :  Pascabanjir Bandang, Kelompok Tani Hutan Dipanggil Bupati

“Kami dari Body & Mind sangat bersyukur dan bangga mendapat suatu kepercayaan dan kesempatan untuk mengikuti fesyen yang diadakan di Paris. Ini suatu kepercayaan luar biasa dan menjadi mimpi setiap desainer,” ungkap Ida Ayu Karang pemilik brand Body & Mind seusai fesyen di Le Salon Des Miroirs, Paris.

Pemilik rancangan yang dominan menggunakan uang kepeng ini menghaturkan terima kasih  kepada Gubernur Koster dan Putri Koster yang tiada henti  mensuport IKM. Begitu juga BPD Bali, Perumda Kerta Bali Saguna, dan Balimall.id yang mendanai fesyen yang bertajuk ‘’The Magnificent of Wastra Bali’’ ini.

“Kesempatan ini sungguh luar biasa. Ini merupakan suatu sejarah yang pertama kali dan menjadi acuan ke depan bagi  desainer-desainer Bali yang lain agar tetap semangat dalam berkarya menciptakan desain yang lebih berkualitas. Kesempatan dan kepercayaan  ini adalah tanggung jawab, khususnya bagi Body & Mind agar meningkatkan lagi kualitas desain rancangannya” pungkas Ida Ayu Karang seraya berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada Putri Koster yang tidak pernah berhenti mendukung IKM Bali. (dwa)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini