Pemkab Buleleng Utamakan Penyandang Disabilitas

picsart 22 12 20 17 00 54 681
PERINGATAN HDI - Pj. Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, saat mengisi peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2022, secara virtual di Gedung Laksmi Graha, Selasa (20/12/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Bentuk kepedulian Pemkab Buleleng mengutamakan kesamaan hak terhadap kaum disabilitas, dengan mempekerjakan pada institusi pemerintah dan perusahaan daerah di Buleleng.

Arahan tersebut, disampaikan Pj. Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, saat mengisi kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2022, secara virtual di kabupaten/kota di Bali, yang terpusat di Klungkung, serta dihadiri Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dengan penyelenggaraannya di Buleleng di Gedung Laksmi Graha, Selasa (20/12/2022).

Baca juga :  PAW Mabiran Gerakan Pramuka Buleleng Dilantik

Kegiatan yang diselenggarakan Kemensos tersebut, bermaksud untuk memastikan hak – hak penyandang disabilitas melalui regulasi dan kebijakan, selain memenuhi ruang hak – hak dalam melaksanakan fungsi sosial dan partisipasi dalam pembangunan daerah.

Ditemui usai kegiatan, Pj. Bupati Lihadnyana menerangkan hari kesetiakawanan di Bali identik dengan hari menyama braya dan sedari dulu sudah mengenal filosofi Vasudewa Kutumbakan, dan Tat Wam Asi, serta mewarisi nilai kegotong royongan.

Baca juga :  Sopir Ngantuk, Mobil Terbalik di Depan Pura Labuhan Aji

“Maka dari itu, kita sinergi dari Dinsos selaku leading sektor dengan berbagai stakeholder sangat diperlukan terkait pemberdayaan khusus kaum disabilitas,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra menerangkan Buleleng yang memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk mencapai 827.000 orang, serta 6.000 orang masyarakat kaum disabilitas itu, menggencarkan program yang berkaitan dengan jaminan kesehatan dan sosial, serta selanjutnya yang berkaitan dengan kebutuhan dasar.

Baca juga :  Satgas Penanganan Covid-19 Gencarkan Vaksinasi Lansia

“Dalam semua program tersebut, pasti kita utamakan untuk kaum disabilitas masuk di sana,” terangnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini