Nataru, Lalin TBM Diprediksi Naik Hingga 37 Ribu

picsart 22 12 21 15 50 47 275
NAIK - Kendaraan yang melintas dipredikisi akan naik saat Nataru sehingga dilakukan antisipasi oleh pihak JBT.

Kuta, DENPOST.id

Bali meskipun tidak termasuk jalur mudik, pengelola Jalan Tol Bali Mandara (TBM) memperkirakan akan terjadi peningkatan volume lalu lintas menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, terjadi lonjakan volume lalu-lintas menjelang akhir tahun. Jika diperhatikan, banyak kendaraan dari luar Bali memadati jalan-jalan utama. Pada umumnya berpelat daerah Jawa Timur bahkan Jakarta.

“Prediksi puncak volume lalu lintas pada Nataru Tahun 2022 jatuh pada hari Jumat, 23 Desember 2022 dan 1 Desember 2023. Pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara sebesar 18.000 kendaraan/hari. Dan pada Nataru tahun 2022 kami prediksikan volume lalu lintas puncak akan mengalami peningkatan sekitar 35-37ribu kendaraan/hari,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, I Ketut Adiputra Karang, Rabu (21/12/2022).

Baca juga :  Untuk Ini, Belasan Pintu Masuk Pantai Kuta Ditutup Permanen

Terkait hal ini pihaknya telah mengantisipasi akan terjadinya peningkatan kunjungan wisata dan volume lalu-lintas di jalan tol. “Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mendirikan Posko Natal dan Tahun Baru. Armada dan Sumber Daya Operasional kita siap 24 jam melayani pengguna jalan tol,” ujar Adiputra

Lebih jauh dia mengatakan, seluruh sumber daya operasional seperti patroli Jalan Tol, PJR, Ambulance, Rescue, Derek dan Posko Nataru disiagakan 24 jam. Para petugas operasional pun siap memberikan layanan optimal. Selain itu, untuk pemantauan kondisi traffic terkini terdapat kamera 53 CCTV, VMS (Rambu Informasi Elektronik) dan Anemometer (alat pengukur Kecepatan angin).
Apabila terjadi peningkatan volume lalin, Adiputra menyampaikan sudah menyiapkan “mobile reader” di setiap gerbang tol.

Baca juga :  Nataru, Kutsel Sepakati Tanpa Kembang Api

“Pengisian ulang bisa dilakukan di Drive Thru Top Up Uang Elektronik yang beralamat di Jalan Pelabuhan Benoa, tepatnya di bawah Simpang Susun Benoa.” Imbuhnya.

Namun begitu, Adiputra mengingatkan kepada seluruh pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati, selalu mematuhi rambu-rambu setiap kali berkendaraan di jalan tol khususnya Rambu Batas Kecepatan dan memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi yang baik. “Jika mendapat kesulitan di jalan tol, silakan menghubungi sentral komunikasi Jalan Tol Bali Mandara di One Call Center Jasa Marga di 14080 dan Posko Natal dan Tahun Baru yang dipersiapkan untuk membantu para Pengguna Jalan, petugas kita akan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan,” sarannya. (113)

Baca juga :  Kerobokan Bangun Krematorium Berbasis Desa Adat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini