Festival Barong Desa Sedang Diharap Dongkrak Pariwisata

barongku1
PAWAI DAN LOMBA BARONG - Sekaa barong saat tampil dalam Pawai dan Lomba ‘’Sedang Barong Festival III’’ di Desa Sedang, Abiansemal, Badung, Kamis (22/12/2022). (DenPost.id/wiadnyana)

Mangupura, DenPost.id

Vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19, Pawai dan Lomba ‘’Sedang Barong Festival III’’ di Desa Sedang, Abiansemal, Badung, kembali digelar Kamis (22/12/2022). Lomba dan pentas seni yang diikuti lembaga pendidikan serta masyarakat umum itu diharapkan mampu menjadikan Sedang sebagai desa wisata yang dikenal masyarakat luas.

Pawai yang diikuti belasan sekaa baleganjur dan barong tersebut disambut antusias masyarakat sesa setempat. “Kami ingin meningkatkan kreasi dan aktivitas seni masyarakat  Desa Sedang yang vakum sejak dua tahun yakni tahun 2019 akibat pandemi,” kata Ketua Panitia Pawai dan Lomba ‘’Sedang Barong Festival III’’ Putu Gede Hendrawan.

Baca juga :  Lampaui Target, Pemkab Badung Raih Penghargaan dari BPS Pusat

Dia berharap festival seni dan budaya ini mampu menginisiasi anak-anak muda agar melakukan kegiatan positif. Termasuk melestarikan tradisi dan kesenian Bali. “Untuk menambah semangat para peserta, kegiatan ini kami lombakan dengan tiga kategori yaitu tingkat SD, SMP dan kategori umum,” tegas Hendrawan.

Selain itu, sambungnya, festival ini diharap mengangkat potensi-potensi di Desa Sedang. “Banyak potensi yang bisa diangkat untuk menjadikan Desa Sedang sebagai desa wisata. Misalnya di sini ada tiga beji atau tempat melukat yang dapat dijadikan wisata religi atau spiritual, serta 60 persen Desa Sedang merupakan lahan hijau yang bisa dikembangkan menjadi wisata berbasis pertanian dan jalur tracking. Termasuk wisata seni dan budaya seperti yang kami lakukan ini,” tandas Hendrawan. (yan)

Baca juga :  Krama Badung Menjerit, Pemerintah Didesak Segera Cari Solusi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini