Petani Rumput Laut Sari Segara Berharap BPD Bali Bantu Permodalan

picsart 22 12 24 18 58 50 664
RUMPUT LAUT - Petani rumput laut saat beraktivitas di perairan Nusa Penida.

Nusa Penida, DENPOST.id

Sebagai bank-nya UMKM, Bank BPD Bali menggandeng media massa dalam menginformasikan perkembangan bisnis dan peran Bank BPD Bali di masyarakat melalui media gathering. Dalam media gathering yang dilaksanakan pada Jumat (23/12/2022), sejumlah jurnalis dari media partner Bank BPD Bali diajak mengunjungi UMKM khususnya nasabah binaan Bank BPD Bali di Nusa Penida, Klungkung. Antara lain Kelompok Tani Rumput Laut Sari Segara di Banjar Semaya, Desa Suana dan Kelompok Industri Tenun Winangun Asri Desa Pakraman Karang, Desa Pajukutan, Kecamatan Nusa Penida.

Ketua Kelompok Tani Rumput Laut Sari Segara, Nyoman Sudastra, mengatakan, petani rumput laut yang jumlahnya 32 orang tetap eksis membudidayakan rumput laut di tengah pesatnya perkembangan pariwisata Nusa Penida. Diakui Sudastra, peluang bisnis rumput laut ini cukup menjanjikan. Apalagi rumput laut yang ditanam jenis eucheuma cottonii sakul hijau yang memiliki kualitas dan nilai ekonomi lebih tinggi dari jenis lainnya.

Baca juga :  Gunakan Pakan Limbah Hotel, 50 Peternak Babi Berisiko Tertular Penyakit

Namun karena beberapa kendala seperti hama, pengaruh cuaca dan serangan ikan-ikan kecil mengakibatkan petani kerap gagal dan hasil panen tidak maksimal. Sementara harga bibit rumput laut cukup tinggi mencapai Rp 80 ribu per 5 meter. Agar petani dapat berproduksi secara rutin diperlukan permodalan dari perbankan. Bank BPD Bali yang memiliki kredit KUR Mesari menurutnya dapat membantu petani rumput laut khususnya di Nusa Penida.

“Terima kasih Bank BPD Bali atas kunjungannya ke sini. Kami sangat mengharapkan ada bantuan permodalan baik itu kredit maupun bibit, termasuk jaring dan tali untuk menambatkan bibit. Sedangkan jaring kami perlukan untuk menghalau ikan-ikan kecil yang kerap memakan rumput laut petani,” ucap Sudastra.

Baca juga :  Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah, Ida Batara Nyejer Tiga Hari

Komisaris Utama Bank BPD Bali, Ida Bagus Putu Anom Redhi, menyambut baik harapan para petani tersebut. Dia mengatakan, para petani rumput laut bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tambahan modal. “Jika para petani ingin mengajukan KUR bisa langsung ke BPD Bali cabang Nusa Penida. Nanti akan dibantu prosesnya,” sarannya didampingi sejumlah staf pegawai Bank BPD Bali.

Tawaran KUR juga terbuka untuk UMKM lain seperti anggota Kelompok Industri Tenun Winangun Asri. Apalagi sebagian perajin memang sudah menjadi nasabah Bank BPD Bali. “Lewat KUR dengan bunga ringan dan jangka waktu yang bersahabat akan menjaga petani rumput laut dan para UMKM lain tetap berproduksi,” pungkasnya. (111)

Baca juga :  Klungkung Fokus Pulihkan Sektor Ekonomi, Festival Dianggarkan Lagi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini