Meningkat, Kedatangan Wisdom di Pelabuhan Gilimanuk

picsart 22 12 25 18 02 02 685
PERIKSA - Petugas saat melakukan pemeriksaan kendaraan wisdom ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk.

Negara, DENPOST.id

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kendaraan wisatawan domestik (Wisdom) yang masuk ke Bali, melalui Pelabuhan Gilimanuk, semakin meningkat. Meningkatnya arus masuk wisdom ke Bali, membuat sibuk petugas yang melakukan pemeriksaan kendaraan, barang dan orang.

Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Gilimanuk, Djumadi mengatakan untuk pengguna jasa penyeberangan yang masuk Bali memang mengalami kenaikan. Pada, Sabtu (24/12/2022) sampai pukul 21.00 Wita, penumpang/orang ada 22.414. Naik 65 persen dari tahun lalu. Sepeda motor ada 1.037 unit, naik 46 persen dari tahun lalu, mobil pribadi ada 1.675 unit, naik 38 persen dari tahun lalu.

Baca juga :  Ngaku Tengok Keluarga Sakit ke Jakarta, Warga Perancak Diminta Balik

“Bus dan pikap, serta truk juga mengalami kenaikan,” ujarnya.

Sementara General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk, M. Yasin, Minggu (25/12/2022), mengatakan antrean panjang hingga 2 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, akibat adanya banjir rob dan pohon tumbang di Situbondo dan banyaknya kendaraan wisatawan lokal yang akan menyeberang ke Bali.

Menurutnya setelah rombongan kendaraan sempat tertahan di Banyuwangi, akhirnya mereka bersamaan masuk pelabuhan sehingga menimbulkan antrean. “Jam 3 mulai berbondong-bondong masuk pelabuhan. Makanya jadi antrean,” ujarnya.

Baca juga :  Polres dan Dishub Buleleng Siapkan Jalur Alternatif

Supaya antrean tidak semakin panjang, ASDP mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat bongkar muat kapal. Dikatakan dia, waktu bongkar muat dipercepat dari sekitar 30 menit dibuat 15 menit. Selain itu, kapal kosong dari Pelabuhan Gilimanuk langsung berangkat menuju ke Pelabuhan Ketapang. “Dengan cara ini, memasuki siang antrean sudah terurai,” ujarnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini