Lomba Kreatif Meriahkan Satu Tahun Bank Sampah Sedana Kumara

picsart 22 12 25 19 30 51 118
FOTO BERSAMA - Ketua Bank Sampah Sedana Kumara, Banjar Tatasan Kaja, Nyoman Dedi Sutama, saat berfoto bersama peringatan 1 Tahun Anniversary, Sabtu (24/12/2022).

Tonja, DENPOST.id

Bank Sampah Sedana Kumara, binaan Sekaa Teruna Panca Kumara, Banjar Tatasan Kaja, Tonja, Denpasar, merayakan 1 tahun anniversary bertema ‘’Soda Sidi Sudhamala’’ (Mampu Berdikari Membersihkan Dunia), Sabtu (24/12/2022), di Balai Banjar Tatasan Kaja.

Peringatan ini dimeriahkan sejumlah lomba kreatif, seperti lomba kreasi membuat kerajinan daur ulang tingkat sekaa teruna, lomba mewarnai tingkat TK, dan lomba menggambar tingkat SD se-Kelurahan Tonja.

Baca juga :  Pedagang Musiman Sering Ditertibkan dan Berjualan Lagi, Satpol PP Denpasar Bilang Ini

Ketua Bank Sampah Sedana Kumara, I Nyoman Dedi Sutama mengatakan perlombaan yang menyasar anak-anak dan pemuda bertujuan untuk mengedukasi terkait pentingnya pengelolaan sampah. ‘’Kami ingin mengenalkan pentingnya pengelolaan sampah. Terlebih ketika ada bank sampah, sebuah sampah bisa ditukarkan menjadi uang atau memiliki nilai ekonomis,’’ kata Dedi Sutama.

Dikatakan dia, sudah satu tahun Bank Sampah Sedana Kumara memberikan layanan tabungan sanpah kepada masyarakat. Sejauh ini nasabah yang dimiliki lebih dari 100 nasabah aktif. ‘’Ketika awal dibentuk, ekspekstasi kita hanya 50 nasabah. Tapi ketika dijalankan justru kebanjiran nasabah. Artinya bank sampah ini mendapat respon positif dari masyarakat,’’ ujarnya.

Baca juga :  43 Pasien Sembuh di Denpasar, Kasus Positif 19 Orang

Dedi Sutama menambahkan nasabah akan diberikan menarik tabungannya setiap enam bulan sekali menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Ia menjelaskan nomilan tabungan warga sangat variatif mulai dari Rp200 ribu sampai Rp600 ribu. Dia berharap ke depan bank sampah yang dikelolannya bisa memperluas jangkauan nasabah dan menjadi contoh bagi sekaa teruna lain ketika membangun bank sampah di daerah masing-masing. ‘’Kalau sekarang kita baru bisa melayani di seputaran Banjar Tatasan Kaja, namun kita ingin terus mengembangkannya,’’ ujarnya. (105)

Baca juga :  Aparat Gabungan Razia Masker di Tiga Titik, Kasatpol PP : Denda Itu Bukan Tujuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini