Kunjungan Wisman ke Bali Melonjak, Sebulan Tercatat 280 Ribu

turis
WISMAN MENINGKAT - Jumlah wisman yang berlibur ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai terus meningkat. Hal itu sesuai data yang diperoleh Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. (DenPost.id/ist)

Mangupura, DenPost

Liburan panjang serangkaian Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai melonjak. Berdasarkan data Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, tercatat lebih dari 280 ribu wisman masuk Pulau Dewata selama sebulan. Jumlah WNA yang masuk Bali tersebut terhitung dari 1 hingga 24 Desember 2022.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito, Senin (26/12/2022), mengungkapkan rata-rata kedatangan WNA melalui TPI Bandara Ngurah Rai mencapai 14 ribu per hari. “Terjadi peningkatan jumlah kedatangan menjelang perayaan Nataru,” tegasnya.

Baca juga :  Air Laut Pantai Kuta Meluber ke Jalan

Sugito mengambahkan WNA yang datang ke Bali kebanyakan berasal dari Australia yaitu sebanyak 67.879, disusul Singapura sebanyak 30.731 orang, India 27.876 orang, Malaysia 19.490 orang dan Rusia 14.823 orang. “Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Bali. Sejak pembukaan kembali Bandara Ngurah Rai untuk penerbangan internasional pada Februari 2022 yang disertai kebijakan keimigrasian berupa Visa on Arrival (VOA) dan Bebas Visa Kunjungan (BVK), jumlah kedatangan wisman ke Bali terus meningkat,” terangnya.

 

Baca juga :  Turunnya Biaya Test PCR, Penumpang via Bandara Mulai Meningkat

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, menambahkan Imigrasi berkomitmen mendukung penuh program pemerintah dengan kebijakan keimigrasian yang sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional, termasuk kebijakan keimigrasian dalam mendukung pemulihan sektor pariwisata. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini