Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa: Sepekan, Jumlah Pendaftar PPS di Tabanan Capai 699

subawa12
Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa

Tabanan, DenPost.id

Pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) 2024, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tabanan dimulai sejak Minggu (18/12/2022) dan berakhir Jumat (30/12/2022). Sepekan dibuka, rupanya masih banyak desa di Tabanan yang belum ada perwakilan untuk mendaftar menjadi calon anggota PPS. Hingga Senin (26/12/2022), yang mendaftar baru 699 orang. Meski demikian, Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa optimis, minimal jumlah pendaftar atau sekitar 800 orang bisa terpenuhi pada hari terakhir (last minute).

KPU Tabanan telah mengumumkan pembukaan untuk pendaftaran PPS 2024, dimulai sejak 18 Desember 2022, dan berakhir Jumat (30/12/2022). Berdasarkan data, hingga Senin sore, tercatat 699 orang mendaftar. Untuk pendaftaran calon anggota PPS ini diperlukan sekitar 800 orang, dengan estimasi satu desa minimal ada enam calon. Untuk di Kabupaten Tabanan, total ada 133 desa. “Sesuai regulasi, untuk pendaftaran, minimal enam calon di setiap desa. Kebutuhannya tiga orang, tetapi untuk pelamar minimal enam orang. Kalau ada pelamar lebih dari enam seperti 10 sampai 11 orang, maka untuk tes tulis, akan diloloskan sebanyak sembilan orang, hinggananti  seleksi wawancara berikutnya. Namun kalau jumlah pelamar hanya enam sampai tujuh, otomatis akan lolos dan dilanjutkan ke seleksi wawancara,” terang Weda Subawa.

Baca juga :  Pangdam Minta Prajurit Harus Pahami Ini

Menurutnya, masih ada desa yang belum ada calon anggota PPS yang mendaftar ke KPU, khususnya desa-desa yang berada di pelosok atau jauh dari kota dan belum paham dengan teknologi. Hal ini karena pendaftaran dilakukan secara online di SIAKBA yakni Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhock. “Pengumumannya sudah lama, serentak dengan Pendaftaran PPK, mungkin belum saja. Kami tunggu besok (Selasa) penutupan. Mungkin mereka akan mendaftar pas penutupan seperti saat PPK, menjelang last minute terpenuhi. Jika memang tidak bisa, tentu kami akan bersurat ke KPU RI untuk perpanjangan masa pendaftaran,” terangnya.

Optimisme minimal jumlah calon pendaftar bisa terpenuhi di hari terakhir, diakui Weda, juga dilihat dari antusias masyarakat yang cukup tinggi yang didominasi generasi muda.  “Antusiasme kami lihat cukup tinggi, hari ini (Senin kemarin) saja, banyak yang datang tetapi belum bisa masuk ke sistem SIAKBA. Kemungkinan jaringan lagi down karena banyak pemakai,” beber Weda Subawa.

Baca juga :  Tiga Kali Didatangi Pecalang, ‘’Aussie’’ Tewas Telentang di Sofa 

Di sisi lain untuk meningkatkan jumlah pendaftar, KPU berkoordinasi dengan PPK yang terpilih belum lama ini, meski belum dilantik. “Kami minta tolong kepada mereka agar kami dibantu, dikondisikan ke desa desa yang jumlah pendaftar masih kurang, serta diinformasikan ke masyarakat. Kami juga sudah berkomunikasi dengan sejumlah kepala desa untuk menginformasikan kepada warganya, minimal ada calon pelamar PPS di desa, sesuai kebutuhan minimal enam orang agar tidak sampai ada perpanjangan pendaftaran,” pungkas Weda Subawa. (kmb)

Baca juga :  Dua Bocah di Tabanan Diduga Dianiaya Ibu dan Pacarnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini