Gubernur Koster Tinjau Pembangunan Turyapada Tower dan Jalan Shortcut

kos
TINJAU SHORTCUT - Gubernur Bali Wayan Koster saat meninjau Shortcut Singaraja-Mengwitani, pada Sabtu (24/12/2022). (DenPost.id/ist)

Sukasada, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster meninjau pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali dan Shortcut Singaraja-Mengwitani, pada Sabtu (24/12/2022). Saat itu, Gubernur didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana; Kepala Dinas PUPR Provinsi Bali Nusakti Yasa Weda; dan dosen Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Dalam tinjauannya, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng, ini mendapat laporan dari pelaksana proyek, PT Hutama Karya, bersama PT Yodya Karya, bahwa progres pekerjaan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Buleleng, per 23 Desember 2022 mencapai 13,86% dengan melibatkan 161 pekerja. Untuk memenuhi target capaian pekerjaan, maka dilakukan peningkatan alat carmix untuk mensuplai beton, penambahan alat concrete pump untuk pengecoran, penambahan alat drilling rig sany SR-265, dan menerapkan sistem kerja lembur pada malam hari.

Baca juga :  Warga Positif Corona Tambah Lima, Tiga Akibat Transmisi Lokal

Dalam tinjauannya di pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani yang berlokasi di Desa Wanagiri, Desa Pegayaman, dan Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Pejabat Pembuat Komitmen Provinsi Bali I Made Gede Widhiyasa melaporkan bahwa progres pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani titik 7 ABC dan titik 8 sudah mencapai 96,14% dengan target penyelesaian 31 Desember 2022. “Pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani Titik 7 ABC mampu memangkas sembilan tikungan menjadi tiga tikungan, sedangkan pada titik 8 mampu memangkas 15 tikungan menjadi empat tikungan,” ungkap I Made Gede Widhiyasa, di hadapan Gubernur Koster.  Atas laporan itu, Gubernur Koster menyampaikan pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali yang didesain secara khusus dengan koefisien ketahanan gempa tertinggi 1.0 G dan memiliki kekuatan hidup struktur minimal 500 tahun, maka dalam pengerjaannya harus menunjukkan hasil yang berkualitas. “Pembangunan ini harus dikerjakan dengan sangat akurat dan presisi. Kemudian saya minta agar betul-betul material bahan bangunannya dikontrol dan harus menggunakan material yang memenuhi standar, bahkan harus di atas standar dari bangunan yang normal. Saya minta ini dikawal ketat,” tegas mantan anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Peralatan pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali juga harus lengkap untuk mendukung capaian dari target pekerjaan yang ditetapkan dan harus diiringi oleh sumber daya manusia (SDM) yang komitmen, berkualitas, betul-betul berkompeten, serta berpengalaman. “Metode pengerjaan dipikirkan betul. Saya minta jangan mengorbankan kualitas bangunan, jangan maen-maen di sini, jadi campuran bahannya harus betul-betul diawasi secara akurat,” tegas Gubernur Bali tamatan ITB ini.

Baca juga :  Enam Los Pedagang Daging Ayam Potong di Pasar Badung Ditutup

Dia pun meminta agar pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali dilakukan percepatan dengan tetap menjaga kualitas, supaya setiap tahap pembangunan bisa mencapai target. Gubernur juga mengingatkan Kepada Pejabat Pembuat Komitmen Provinsi Bali I Made Gede Widhiyasa yang bertanggungjawab terhadap pembangunan Shortcut Singaraja Mengwitani titik 7 ABC dan titik 8.

Gubernur Koster meminta pekerjaan shorcut ini harus diprioritaskan selesai dengan pekerjaan yang tepat waktu, bagus, dan presisi, sehingga menghasilkan pembangunan yang berkualitas. “Sebelum pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani titik 7 ABC dan titik 8 diresmikan pada Januari 2023, saya minta pekerjaannya dilaksanakan secara rapi, kemudian mencari hari baik untuk upacara pamelaspasan (upacara pembersihan dan penyucian bangunan),” pungkas Gubernur Koster. (dwa)

Baca juga :  Tiga Tersangka Pemalsu Suket Rapid Tes Antigen Negatif Ditangkap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini