Desa Adat Batuan, Gianyar Peringati 1.000 Tahun Prasasti Baturan

pentasku12

DESA adat di Bali memiliki keunikan masing-masing seperti Desa Adat Batuan, Sukawati, Gianyar. Pada Senin (26/12/2022), desa ini memperingati 1.000 tahun ditulisnya Prasasti Baturan atau Sahasra Warsa Batuan. Prasasti yang ditulis di atas tujuh lempeng tembaga bolak-balik ini berangka tahun Saka 944 atau Masehi 1.022. Prasasti menceritakan sejarah Desa Batuan dan perjuangan para pemimpin di desa setempat saat itu.

Prasati Baturan ini sempat dibaca R.Goris tahun 1930 lalu. Pria asal Belanda yang hidup pada 9 Juni 1898 hingga 4 Oktober 1965 ini adalah arkeolog dan antropolog terkenal yang banyak meneliti tentang adat-istiadat dan budaya Bali.

Baca juga :  Mudahkan Pelayanan Lewat Aplikasi Sibadai

Jika dilihat  dari angka tahun 1.022 hingga sekarang tahun 2022, sehingga Prasasti Baturan sudah berumur 1.000 tahun. Dalam peringatan 1.000 tahun prasasti itu, prajuru Desa Adat Batuan menggelar sejumlah lomba dan karya di pura puseh dan pura desa setempat. Puncak acara pada Senin lalu dihadiri Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace; Bupati Gianyar Made Mahayastra, dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Baca juga :  Ratusan Duta Seni PKB Gianyar Divaksinasi

Bendesa Adat Batuan I Nyoman Megawan didampingi Wakil Bendesa Adat I Wayan Sudha mengatakan Desa Adat Batuan punya bukti berupa prasasti yang dibuat dari tembaga sebanyak tujuh lembar dan ditulis bolak-balik. ” Prasasti Baturan ditulis Tahun Saka 944 atau tahun Masehi 1.022, sehingga tahun ini berumur 1.000 tahun,” tegas Megawan.

Untuk memperingati 1.000 tahun Prasasti Baturan ini, digelar-lah sejumlah kegiatan, sekaligus serangkaian dengan karya di pura puseh dan pura desa, tempat Prasati Baturan disimpan selama ini. Megawan menjelaskan sebelum puncak peringatan pada Purnama Sasih Kenem, Kamis (8/12), digelar caru rsi gana dan mapepade wewalungan di pura desa dan pura puseh. Berikutnya dilaksanakan juga berbagai upakara. Sedangkan tenggang waktu 18 Desember hingga  puncak peringatan penulisan Prasasti Baturan pada Senin (26/12/2022) digelar sejumlah lomba seperti lomba baleganjur se-Bali, lomba bapang barong , lomba gamelan gender, lomba melukis anak-anak gaya Batuan, lomba tari condong, lomba tari baris dan lomba bonsai. (yul)

Baca juga :  Tangkap 10 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, Salah Satunya Seorang PNS di Gianyar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini