Resmikan Gedung DPRD, Koster Ingatkan Dewan Bangli Rajin Ngantor

resmi
DIRESMIKAN - Gubernur Bali, I Wayan Koster, didampingi Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra dan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Gedung DPRD Bangli, Jumat (30/12/2022).

Bangli, DENPOST.id

Mengawali tahun 2023, dipastikan jajaran parlemen Kabupaten Bangli sudah bisa menempati dan berkantor di gedung baru yang berada di Jalan Brigjen Ngurah Rai atau selatan Kantor Bupati Bangli. Hal ini menyusul telah diresmikannya gedung senilai Rp 18,5 miliar tersebut oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, Jumat (30/12/2022).

“Gedungnya sudah baru, jadi anggota DPRDnya juga harus rajin ngantor,” ujar Koster di sela sambutannya. Dalam kesempatan itu, Koster juga didampingi Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra dan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

Selain DPRD, di hari yang sama Gubernur Bali juga meresmikan gedung Bukti Mukti Bakti (BMB) yang ada di areal Kantor Bupati Bangli dan Gedung 1A – 1B RSU Bangli. Secara umum Koster merasa puas dengan sejumlah megaproyek bisa terwujud di Bangli dalam dua tahun kepemimpinan Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wakil Bupati I Wayan Diar. “Dua tahun adalah waktu yang singkat dan cepat, bisa dibangun gedung-gedung yang refresentatif, tidak jamuran lagi seperti dulu,” kata pejabat asal Buleleng ini.

Saat peninjauan ruangan, Koster sedikit penyoroti masalah lampu. Menurutnya pencahayaan kurang (kurang terang). “Penerangan dalam sebuah ruangan itu penting berpengaruh juga pada kinerja kerja. Kalau ruangannya terang, hasil kerjanya bagus, begitu juga sebaliknya,” imbuhnya.

Baca juga :  Gudang dan Garase di Kintamani Ludes Terbakar

Sementara, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, mengatakan, gedung DPRD Bangli saat ini sudah representatif dibandingkan gedung sebelumnya. Gedung tiga lantai ini memiliki beberapa ruang. Lantai I untuk ruangan sekretariat, masing-masing kepala bagian, ruang sekretaris DPRD, hingga ruang rapat atau ruang pertemuan. Ada pula ruangan alat kelengkapan dewan (AKD), meliputi ruang Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), ruang Badan Anggaran (Banggar), ruang Badan Musyawarah (Bamus).
Di lantai II terdapat ruang pimpinan, di antaranya ruang Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD. Selain itu, ruang komisi-komisi, ruang rapat pimpinan, dan ruang Badan Kehormatan (BK). Sedangkan untuk lantai III terdapat ruang humas, ruang rapat kerja komisi dan ruang sidang paripurna.

Baca juga :  Gabungan Komisi Soroti Pendistribusian Gaji PTT

Di sisi lain, serah terima sementara pekerjaan dilakukan pada 28 Desember 2022. Terkait adanya beberapa bagian yang perlu dilakukan penyempurnaan, bisa dilakukan dalam masa pemeliharaan. “Masa pemeliharaan selama 180 hari, jika terjadi kerusakan atau penyempurnaan masih jadi tanggung jawab rekanan. Pembangunan sudah rampung, kami juga telah dilakukan proses pemindahan barang-barang sejak dua pekan terakhir,” sebutnya.

Suastika menyebutkan, pembangunan awal gedung ini fokus pada struktur bangunan dengan anggaran Rp 11 miliar lebih. Harga tender disepakati Rp 8 miliar lebih. Kegiatan pembangunan dilanjutkan pada Juni 2022, untuk tahap finishing. Tahap ini meliputi pemasangan interior, furniture, dan sebagainya. Anggaran pembangunan tahap kedua Rp 14,5 miliar dan proses tender kegiatan ditawar Rp 11,5 miliar. Artinya total anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan kantor wakil rakyat ini mencapai Rp 18,5 miliar. (128)

Baca juga :  ‘’Amati Lelungan’’ di Bangli Berlanjut Kamis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini