Jelang Galungan, Ketersediaan Babi Potong di Klungkung Aman

babi
BABI - Pekerja saat beraktivitas di salah satu peternakan babi di Klungkung.

Semarapura, DENPOST.id

Ketersediaan babi potong di wilayah Klungkung menjelang hari Raya Galungan masih aman. Berdasarkan data yang diperoleh di Dinas Pertanian Klungkung, ketersediaan babi potong mencapai 950 ekor. Sementara estimasi jumlah kebutuhan babi potong ketika hari Penampahan Galungan di Klungkung mencapai 560 ekor.

“Dengan jumlah itu, dapat kami pastikan ketersediaan daging babi di Klungkung masih aman untuk Galungan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida, Jumat (30/12/2022).

Baca juga :  Bendahara BUMDes Besan Ditetapkan Tersangka

Menurut Juanida, harga daging babi potong di pasar relatif stabil yakni mencapai Rp 80.000 per kilogram. Harga itu juga dinilai masih relatif normal dan tidak ada lonjakan harga yang signifikan. Untuk menjamin warga mengkonsumi daging sehat, Dinas Pertanian menyiapkan tim untuk turun memantau lokasi-lokasi pemotongan di pasar. Pemeriksaan dilakukan saat babi sebelum dipotong (antemortem) dan setelah dipotong (postmortem).

“Ternak itu dilihat klinisnya, apa ada tanda-tanda menunjukkan sakit atau tidak,” paparnya.

Baca juga :  Pengunjung di Monumen dan Alun-alun Dibatasi

Ia mencontohkan, jika ada ternak yang dicurigai sakit saat pemeriksaan antemortem, akan dilihat lagi ternak sakit ini sejauh mana bisa dikonsumsi. Pada postmortem, ada indikator yang bisa jadi pertimbangan untuk ternak itu bisa dikonsumsi. “Misalnya cacingan, kalau terlalu berat investasinya mungkin ususnya dibuang. Ada cacing hati, mungkin hatinya diafkir. Kebetulan kalau di Bali untuk ternak potong tidak ada bersifat zoonosis atau penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan sebaliknya,” jelas Juanida. (119)

Baca juga :  Dalam Masa Karantina, Warga Kupang Diciduk Satpol PP Klungkung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini