Tiga Kuintal Daging Babi Dibagikan ke Keluarga WBP Rutan Negara

daging
MAPATUNG - Menyambut Hari Raya Suci Galungan dan Kuningan, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) kembali melaksanakan agenda rutin mapatung.

Negara, DENPOST.id

Menyambut Hari Raya Suci Galungan dan Kuningan, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) kembali melaksanakan agenda rutin mapatung. Mapatung merupakan semangat kebersamaan dalam tradisi berbagi/menyemblih babi bersama pada saat hari Penampahan Galungan yang biasanya dilakukan melalui seka pacingkreman di banjar atau komunitas masing-masing.

Bertempat di area open camp khususnya area peternakan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), serta petugas bersama-sama melaksanakan tradisi mepatung, Senin (2/1/2023).
Ada tiga ekor babi yang diternak oleh WBP kelompok kerja (pokja) peternakan disembelih untuk dibagikan ke keluarga WBP.

Baca juga :  Tanaman Kakao di Jembrana Perlu Regenerasi

Babi dengan berat total kurang lebih tiga kuintal dibagi rata menjadi 73 tanding (jatah) yang dibagikan kepada  63 orang pegawai dan 10 orang keluarga WBP yang mengikuti pembinaan di pokja peternakan. “Semua pegawai dapat jatah babi dengan berat masing– masing 2,8 kg. Pegawai yang nonHindu juga mendapatkan jatah namun biasanya dihibahkan ke pegawai lain atau diuangkan. Ini sebagai bagian dari kebersamaan dengan berbagi di hari Raya Galungan dan Kuningan,” kata Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, Nyoman Tulus Sedeng.

Terawati, salah satu keluarga WBP menyampaikan terima kasih kepada pihak Rutan Negara yang telah membagikan daging babi. “Semoga tradisi ini bisa terus terlaksana. Saya juga mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan bagi semua yang merayakan,” ucapnya.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Ribuan PNS Akan Diuji Usap

Hal serupa disampaikan petugas Rutan Negara, Juli Tresna. Menurutnya, pembagian daging babi ini sangat membantu mengurangi pengeluaran biaya. “Apalagi hari raya semua kebutuhan jadi meningkat harganya,” terangnya.
Diharapkan tradisi mapatung ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai agenda rutin sebagai bentuk kekeluargaan di Rutan Negara. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini