Meningkat, Penerimaan Pajak di Denpasar

picsart 23 01 02 20 11 32 182
BERITA ACARA - Kepala Bapenda Denpasar, IGN Eddy Mulya, didampingi Kepala Cabang Utama BPD Denpasar, Putu Dharmapatni, saat penandatangan berita acara penyerahan hadiah kepada warga yang taat pajak, Senin (2/1/2023).

Dangri Kelod, DENPOST.id

Melandainya kasus Covid-19, berdampak positif terhadap pendapatan Kota Denpasar dari sektor pajak. Terbukti pada tahun 2022, perolehan sejumlah pajak, seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-PP), serta yang lainnya cukup baik.

Terutama perolehan pajak restoran mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Itu, diakui Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya, Senin (2/1/2023).

Ditemui di sela-sela penyerahan reward kepada masyarakat taat PBB-PP, Eddy Mulya mengatakan sejalan dengan makin melandainya pandemi, kondisi perekonomian sudah terlihat menggeliat. Hal ini dibuktikan dengan telah beroperasinya kembali sejumlah usaha yang mampu memantik peningkatan ekonomi masyarakat.

Dikatakan dia, untuk perolehan pajak hotel pada tahun 2022 sebesar Rp82,29 miliar dari target sebesar Rp51 miliar. Pajak restoran yang ditarget Rp110 miliar mampu terealisasi Rp164,03 miliar. Pajak hiburan dari target Rp10 miliar terealisasi Rp15 miliar. Demikian pula pajak PBB-P2 dari terget sebesar Rp100 miliar mampu terealisasi Rp113,42 miliar.

Baca juga :  Tim Futsal Buleleng Berbagi Poin dengan Badung

‘’Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memberikan apresiasi kepada warga yang taat dalam membayar pajak. Saat ini, kami memberikan reward kepada pembayar pajak PBB-PP yang tepat waktu. Artinya, tidak melebihi batas waktu membayar pada 31 Agustus, tahun berjalan. Reward yang diberikan berupa empat unit sepeda motor kepada mereka yang beruntung,” katanya.

Dikatakan dia, semua nomor yang telah membayar pajak PBB-PP diundi untuk bisa mendapatkan hadian sepeda motor. Pengundian dilakukan pada saat pembukaan Denfest, dan diserahkan kepada mereka yang beruntung, Senin (2/1/2023).

Baca juga :  Terapkan PKM, Desa Adat Denpasar Data Penduduk Pendatang

Eddy Mulya menegaskan Bapenda Kota Denpasar terus berupaya mengoptimalkan penerimaan pajak daerah. Karenanya, guna memantik kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, khususnya PBB-PP maka dilaksanakan Gebyar PBB Kota Denpasar. Di mana, masyarakat wajib pajak yang taat dan tepat waktu membayar pajak diberikan apresiasi berupa undian gratis berhadiah. ”Selain untuk mengoptimalkan penerimaan pajak, program ini juga untuk memberikan apresiasi kepada wajib pajak yang taat dan tepat waktu membayar pajak,” jelasnya. (105)

Baca juga :  Bantu Korban PHK, Pemkot Rancang Kartu Pra-Kerja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini