Bulian Mampu Produksi Puluhan Ribu Ton Buah Naga

picsart 23 01 06 20 25 42 513
BUAH NAGA - Lahan buah naga di Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan.

Singaraja, DENPOST.id

Berdiri di atas dataran tanah yang subur membuat Desa Bulian memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk perkebunan buah. Salah satu komoditi buah yang dikembangkan desa yang terletak di Kecamatan Kubutambahan itu, yakni buah naga.

Desa Bulian dapat memproduksi puluhan ribu ton buah naga dalam sekali panen dan jumlah itu terhitung dengan hasil panen pada setiap hektar kebun yang mencapai ratusan ton. Hasil panen tersebut, dikirimkan ke seluruh Bali maupun daerah lain di Indonesia.

Baca juga :  Wisata Lumba-lumba Lovina Menggelepar Akibat Pandemi

Perbekel Desa Bulian, Made Sudirsa, Jumat (6/1/2023), mengatakan budidaya buah naga di desanya bermula sejak tahun 2004, budidaya buah naga dipelopori seorang petani bernama Wayan Kantra. Potensi yang menjanjikan dari budidaya buah naga itu, kemudian diikuti masyarakat lainnya di Desa Bulian.

Menurut dia, budidaya buah naga sangat cocok di Desa Bulian. Tidak hanya karena tanahnya yang tergolong subur untuk budidaya tanaman buah, namun prospek dari tanaman buah naga itupun sangat menjanjikan. Usia pohon buah naga dapat mencapai 15 tahun, selama itu petani dapat melaksanakan panen minimal setiap satu tahun sekali.

Baca juga :  Megawati Tunjukkan Cintanya ke Prajurit TNI Lewat Desain Karangan Bunga

Ketersediaan air di Desa Bulian juga menurut Sudirsa cukup untuk mengairi perkebunan. Pengairan diatur pada setiap kelompok petani, sehingga pemberian air bisa sesuai dengan kebutuhan.

“Sehingga sudah bisa diatur, kapan perlu disiram untuk pembuahan, dan kapan perlu disiram untuk penguatan batang,” jelasnya.

Perbekel purnawirawan Polri itu menjelaskan hingga kini terdapat 25 kelompok petani yang membudidayakan buah naga pada lahan seluas 50 hektar di Desa Bulian. Masyarakat memasok buah naga ke seluruh pasar tradisional maupun toko buah yang ada di Bali. Namun, dirinya tidak menampik pemasaran ke daerah di luar Bali juga dilakukan.

Baca juga :  Permudah Layanan Adminduk, Aplikasi Aku Online Diresmikan

“Pada periode tertentu kami juga ekspor ke Jawa dan Lombok,” imbuhnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini