Satpol PP Jembrana Amankan ODGJ Lemas

picsart 23 01 08 19 11 51 250
ODGJ LEMAS - Satpol PP Jembrana, saat mengamankan ODGJ yang lemas di kebun warga di Batuagung.

Negara, DENPOST.id

Salah seorang warga Kecamatan Mendoyo yang seorang orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) diamankan Satpol PP Jembrana, Minggu (8/1/2023), yang lemas di bawah pohon durian. ODGJ bernama Gareng ini, diketahui menyelinap ke kebun warga yang berisi pohon durian sedang berbuah di Banjar Palungan Batu, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana.

ODGJ tersebut diketahui sudah berada di tegalan warga sejak, Sabtu (7/1/2023), dengan keadaan telanjang bulat. Sebelum dievakuasi dikarenakan keadaan telanjang bulat, Babinsa Desa Batuagung sudah menyiapkan pakaian.

Baca juga :  Warga Tanjung Benoa Antusias Jalani Vaksin

I Ketut Ardikayasa, pemilik kebun yang berisi pohon durian mengatakan sejak keberadaan ODGJ tersebut tidak berani memungut duriannya yang sedang panen. Di samping itu, ODGJ tersebut juga sempat metik buah lainnya yang sering disebut kepundung dan disimpan di tas yang dibawanya.

“Saya sejatinya jengkel dan sempat marah. Bahkan saya sempat ancam akan dilaporkan. Dia sempat pergi tapi kembali lagi. Saya takut dia ngamuk dan langsung pulang,” katanya.

Menurut Ardikayasa, banyak buah durian yang jatuh dari pohon, namun tidak ada satu pun yang disisakan semua dimakannya. “Dari kemarin orang tersebut diam di sana, asal ada durian jatuh langsung dimakan membuka dengan batu yang dibawanya. Pagi tadi setelah saya menelepon kelian subak dan kelian banjar, bersama-sama melihat orang tersebut ternyata keadaannya sudah lemas. Saya yakin dia mabuk kebanyakan makan durian,” ucapnya.

Baca juga :  Bule Pakai Masker Asal-asalan Ditegur

Sementara Kelian Subak Palungan Batu, I Nyoman Santika mengatakan ODGJ tersebut sudah dari 5 Januari 2023, berkeliaran di sekitar Desa Batuangung, kemudian sempat melintas dan membawa durian mengarah ke kebun milik I Ketut Ardikayasa, dan menginap di kebun.

“Mengingat kondisinya ODGJ, saya putuskan melapor ke staf Desa Batuagung yang diteruskan ke Satpol PP, Babinsa dan Polsekta Jembrana,” ungkapnya.

Kasatpol PP Jembrana, I Made Leo Agus Jaya membenarkan kejadian tersebut. Saat ini, anggotanya masih mengajak ODGJ tersebut ke rumahnya di Kecamatan Mendoyo.

Baca juga :  Kasus Rabies Meningkat di Jembrana, Warga Diminta Waspada

“Kami tetap melakukan tindakan antisipasi ke depannya,” pungkasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini