Jika Ini Terjadi, Gerbang Tol Bali Mandara Bisa Ditutup  

tol
TOL - Situasi Jalan Tol Bali Mandara. DENPOST.id/dok

Kutsel, DENPOST.id

Musim cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini mendapat atensi khusus Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku pengelola Jalan Tol Bali Mandara. Karena cuaca ekstrem berupa angin kencang bisa membahayakan para pengemudi di Jalan Tol Bali Mandara.
Untuk itu PT JBT selalu memantau kecepatan angin melalui anemometer yang terpasang di beberapa titik.

“Alat ini berbasis Internet of Things (IoT). PT JBT akan menutup sementara lajur kendaraan di Gerbang Tol apabila kecepatan angin sudah melebihi standar yang berlaku, 40 km/jam untuk sepeda motor dan 80 km/jam untuk mobil. Penutupan sementara ini dilakukan untuk menjamin keamanan pengendara di Jalan Tol Bali Mandara,” papar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, I Ketut Adiputra Karang, Senin (9/1/2023).

Baca juga :  Selain Push-up, Begini Cara SatPol PP Badung Bina Warga Tak Bermasker

Dipaparkan Adi, lonjakan volume lalu lintas yang tinggi pada libur Nataru dan adanya cuaca ekstrem berupa angin kencang, membuatnya terus memantau anemometer yang dimiliki dan memberlakukan penutupan sementara jalur ketika kecepatan angin sudah melampaui standar.
Adi menambahkan, PT JBT juga telah melakukan upaya lainnya untuk menghadapi cuaca ekstrem khususnya angin kencang. Seluruh petugas telah dikerahkan untuk melakukan controlling dan monitoring di setiap sisi Jalan Tol Bali Mandara guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. “Untuk memastikan keselamatan pengendara, seluruh petugas PT JBT dikerahkan untuk saling berkoordinasi menjaga situasi tol agar tetap aman dan nyaman bagi pengendara. Dan, tak lupa juga saya menyampaikan kepada pengguna jalan agar selalu memastikan e-toll cukup saat bayar tol, selalu patuhi rambu-rambu jalan tol, pastikan selalu kondisi kendaraan dalam kondisi baik dan patuhi imbauan dari petugas demi menjaga ketertiban dan keselamatan berkendara di Jalan Tol Bali Mandara,” paparnya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini