Prof. Lasmawan Jadi Rektor Undiksha Terpilih

picsart 23 01 11 20 36 09 160
REKTOR TERPILIH - Dr. I Wayan Artanayasa, M.Pd, dan Rektor Undiksha terpilih, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., dan Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes.

Singaraja, DENPOST.id

Pemilihan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Pilrek-Undiksha) periode 2023-2027, berlangsung, Rabu (11/1/2023). Dalam hal ini, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., menjadi Rektor terpilih dengan perolehan suara penuh dari senat dan kuasa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Pemilihan yang berlangsung di Ruang Ganesha III Rektorat Undiksha ini, diikuti tiga calon rektor, yakni Dr. I Wayan Artanayasa, M.Pd., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., dan Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes. Pemilihan dilakukan secara langsung.

Dalam hal ini, Senat yang hadir sebanyak 38 orang dari 39 orang dengan masing-masing memiliki satu hak suara. Sedangkan Mendikbudristek melalui kuasanya, yakni Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek, Prof. Tjiktjik Srie Tjhajandarie, memiliki hak 20 suara.

Hasil pemilihan, calon Rektor Prof. Lasmawan meraup suara penuh, yakni sebanyak 58 suara. Hasil ini mengantarkannya ditetapkan sebagai Rektor terpilih oleh Senat Undiksha.

Baca juga :  Pantau PPDB, Komisi IV Sambangi SMPN 1 Denpasar

Usai pemilihan, Prof. Tjiktjik menyampaikan selamat atas pemilihan Rektor Undiksha yang sudah berjalan dengan kondusif, sportif dan saling mendukung. “Ini adalah kekuatan moral yang sangat bagus sebagai modalitas rektor terpilih di dalam mengembangkan Undiksha ke depan,” ungkapnya, didampingi Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.

Ia berharap rektor terpilih dapat menjadikan Undiksha semakin maju, mampu meneruskan langkah atau capaian-capaian luar biasa yang selama ini diraih dalam kepemimpinan Prof. Jampel. “Harapannya ini tidak mundur justru lebih maju. Diharapkan pula ke depan Undiksha bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul, perguruan tinggi yang leading tidak hanya di tingkat nasional tapi juga Internasional,” imbuhnya.

Sementara Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., memberikan apresiasi atas perhelatan pemilihan rektor ini berjalan dengan lancar, mulai dari penjaringan, penyaringan dan pemilihan. Menurut dia, hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. “Ini berkat kita semua termasuk media massa, bagaiamana membuat Undiksha ini tetap kondusif, sehingga dengan kondusivitas, harmonisasi kita bisa bekerja maksimal untuk mengantarkan SDM-SDM yang akan kita hasilkan di kemudian hari,” ujarnya.

Baca juga :  Persiapan Venue Piala Dunia U20, Kapolda Bali Cek Stadion Dipta

Sebagai rektor terpilih, Prof. Lasmawan juga memberikan apresiasi yang luar biasa pada semua anggota Senat Undiksha, dan seluruh civitas akademika Undiksha atas dukungan dan komitmennya. “Saya berharap proses tadi betul-betul menunjukkan Undiksha ini menerapkan keharmonian karena bisa dilihat meskipun prosesnya dengan pemungutan suara, tetapi dengan perolehan suara yang sapu bersih ini sesuatu banget bagi saya dan demokrasi Undiksha,” katanya.

Langkahnya untuk mengajukan diri sebagai bakal calon rektor hingga menjadi rektor terpilih, Lasmawan mengusung visi yang diyakini akan mendukung kemajuan Undiksha ke depan. Visinya adalah mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Visi ini adalah melanjutkan apa yang sudah ditegaskan oleh Rektor, Prof. Jampel pada kepemimpinannya di periode 2019-2023.

Baca juga :  Dua Desa di Buleleng Zona Hijau Covid-19

“Ini harus bisa saya terjadikan dalam waktu 4 tahun dan itu tidak mudah,” katanya,

Salah satu program strategis yang dirancang untuk mewujudkan visi tersebut adalah menjadikan Undiksha yang kini sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) ke PTN Berbadan Hukum (BH). Lasmawan yang kini masih menduduki jabatan sebagai Wakil Rektor II Undiksha juga berharap IRUEL bisa diwujudkan melalui program kerjasama yang betul-betul merujuk pada QS 100 rangking dunia dan melakukan pembenahan serta penguatan sarana prasarana pembelajaran sebagai tanggung jawab Undiksha kepada masyarakat. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini