TPA Butus Diprediksi hanya Mampu Tampung Sampah Sampai 6 Bulan

picsart 23 01 13 15 45 24 710
SAMPAH - TPA Butus, Karangasem diprediksi hanya mampu menampung sampah hingga 6 bulan ke depan.

Amlapura, DENPOST.id

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) penuh juga terjadi di Karangasem. TPA Butus, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, bahkan diprediksi hanya mampu menampung sampah hingga 6 bulan ke depan saja. Hal ini menyusul mulai penuhnya TPA tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karangasem, I Nyoman Tari, mengungkapkan, volume sampah di TPA Butus hingga saat ini hampir mencapai 95 persen. Artinya hanya ada sisa sekitar 5 persen untuk menampung sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.

Baca juga :  Puluhan Nelayan Kubu Ikuti Sekolah Cuaca

“Kalau dilihat, TPA hanya mampu menampung sampah untuk 6 bulan ke depan untuk sampah campuran. Tapi, jika sampah sudah dipilah cukup satu tahun. Jadi, TPA Butus tinggal tunggu waktu,” ujarnya belum lama ini.

Tari menambahkan, volume sampah dari Kota Karangasem dan sekitarnya mencapai 50 ton per harinya. Apalagi beberapa masyarakat di pedesaan juga membuang sampah ke kota. Melihat situasi itu, pihaknya berharap masyarakat ikut serta mensukseskan program pemerintah terkait pengelolaan sampah berbasis sumber sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor. 47 Tahun 2019. Salah satu di antaranya memilah sampah organik/non -organik, sehingga volume bisa diminimalisir. (tim dp)

Baca juga :  Krisis Air Bersih Mulai Terjadi di Karangasem

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini