Penyelundup 932 Butir Berlian Dilimpahkan ke Kejari Badung

india
DILIMPAHKAN – Warga India, Ismath Jamaluddin Haja Moideen, tersangka penyelundup 932 butir berlian, saat dilimpahkan ke Kejari Badung. (DenPost.id/ist)

Mangupura, DenPost.id

Seorang warga negara (WN) India, Ismath Jamaluddin Haja Moideen, tersangka penyelundup berlian, yang ditangkap di Bandara Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Badung, dilimpahkan ke Kejari Badung pada Kamis (12/1/2023). Selain tersangka, turut dilimpahkan barang bukti (BB) berupa 932 butir berlian setara dengan 40,37 karat.

Kasi Intel Kejari Badung I Made Gde Bamaxs Wira Wibowo, Jumat (13/1/2023), mengungkapkan usai pelimpahan tahap II dari penyidik Bea-Cukai Ngurah Rai ke jaksa penuntut umum (JPU), jaksa langsung melakukan penahanan untuk 20 hari ke depan.

Baca juga :  Libur Sekolah, Lima Pelajar di Denpasar Lakukan Aksi Pencurian 

Dia menambahkan tersangka Ismath dijerat Pasal102 huruf e jo Pasal 103 huruf c UU Nomor 17 Tahun 2006 tentang perubahan atas UU Nomor 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan. “Tersangka menimbulkan potensi kerugian negara mengenai bea masuk dan pajak dalam rangka impor sekitar Rp99.962.000,” lanjut Kasi Intel.

Kasus ini terungkap saat Ismath tiba di Bandara Ngurah Rai dari Bandara Suvarnabhumi International, Thailand, pada 15 Oktober 2022. Saat melewati pemeriksaan rontgen abdomen dengan mesin X-ray Bea-Cukai Ngurah Rai, pada anus tersangka Ismath ditemukan benda mencurigakan. Dia lalu dibawa ke ruang pemeriksaan hingga diketahui bahwa dalam duburnya ada tujuh kondom yang di dalamnya berisi 932 butir berlian.

Baca juga :  Tiga Bulan, Lakalantas Renggut 70 Nyawa

Tersangka, yang berprofesi sebagai akuntan ini, mengaku berlian senilai ratusan juta rupiah ini rencananya diserahkan ke relasi bosnya yang disebut berada di Bali. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini