Kuningan, Empat Banjar di Bangli Gelar Tradisi Ngerebeg di Catus Pata

picsart 23 01 15 12 25 53 033
NGEREBEG - Suasana upacara ngerebeg di Catus Pata Bangli, saat Kuningan yang mendapat pengamanan dari kepolisian.

Bangli, DENPOST.id

Bertepatan dengan hari raya Kuningan, Sabtu (14/1/2023), empat banjar di wilayah Kota Bangli, melaksanakan upacara Ngerebeg. Tradisi tiap enam bulan ini dipusatkan di Catus Pata, Bangli, pada sore hingga petang.

Empat banjar ini, yakni Banjar Pande, Kelurahan Cempaga; Banjar Kawan, Banjar Blungbang, dan Banjar Griya, Kelurahan Kawan. Keempat banjar ini masing-masing nyungsung arca/pratima barong dan rangda di pura dalem. Barong di Dalem Purwa yang diempon krama adat Kawan berwujud barong sapi, barong di Pura Dalem Gede Selaungan yang diempon krama adat Pande berupa barong macan. Barong ket di Pura Dalem Penunggekan yang diempon krama adat Blungbang.

Baca juga :  Polisi Bangli Olah TKP Pakai Ini

Berikutnya barong macan di Pura Dalem Pengringsingan diempon krama adat Griya. Pelaksanaan upacara ini pun mendapat atensi dari Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta yang turut hadir dalam pelaksanaannya, serta diatensi khusus dari jajaran Polres Bangli, dari segi pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

Pengamanan upacara Ngerebeg dipimpin Kasubag Kerma AKP Anak Agung Gede Ginarta. “Pengamanan dilaksanakan secara terbuka. Di mana, arus lalulintas di wilayah tersebut kemarin untuk sementara di alihkan atau tutup buka agar tidak terjadi kepadatan atau antrean panjang. Setelah acaranya usai, lalin dikembalikan lagi. Ini sudah rutin,” kata Agung Ginarta.

Baca juga :  Blok Rutan Dirazia, Petugas Temukan Paku dan Ikat Pinggang

Untuk pengamanan upacara Ngerebeg, pihaknya menerjunkan anggota gabungan Polres Bangli, dan Polsek Bangli, BabinKamtibmas Kelurahan Kawan, instansi terkait dibantu pecalang desa adat setempat.

Upacara Ngerebeg yang merupakan tradisi turun temurun bagi warga Kota Bangli ini sempat tidak digelar karena kondisi pandemi Covid-19. Menurut Jero Mangku Pura Dalem Gede Selaungan, Sang Made Suryawan, upacara Ngerebeg merupakan tradisi yang telah diwarisi secara turun-temurun.

Baca juga :  Gepeng Kembali Berkeliaran di Gianyar

“Ngerebeg adalah tradisi yang telah diwarisi umat Hindu di Bangli secara turun-temurun saat zaman kerajaan. Kegiatan ini merupakan ritual penyucian dan memohon keselamatan, serta memohon kepada Tuhan Hyang Maha Esa, agar dijauhkan dari gangguan sekala maupun niskala,” sebutnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini