Dukcapil Buleleng Genjot Identitas Kependudukan Digital

picsart 23 01 15 13 43 14 240
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Buleleng, Made Juartawan.

Singaraja, DENPOST.id

Menyambut era digitalisasi yang berkembang pesat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buleleng, giat melaksanakan pendataan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Buleleng. Langkah tersebut juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan pencatatan sipil yang lebih mudah dan canggih.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Buleleng, Made Juartawan ditemui, Minggu (15/1/2023), mengatakan hingga akhir tahun 2022, pendataan IKD baru mencapai 5 ribuan penduduk, sehingga diperlukan koordinasi lebih intens dengan para pemegang wilayah di Kabupaten Buleleng dalam hal ini jajaran perbekel dan lurah.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Rutan Gianyar Dipasangi Barcode PeduliLindungi

“Kita sekarang sudah meminta bantuan kepada teman-teman perbekel dan lurah se-Kabupaten Buleleng untuk membantu registrasi IKD ini, sehingga bisa maksimal karena kita sudah buka untuk seluruh warga masyarakat agar bisa memanfaatkan identitas kependudukan digital ini sebagai bagian dari administrasi kependudukan yang harus dimiliki,” jelas mantan Camat Gerokgak itu.

Juartawan menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pendataan IKD sangat mudah karena hanya perlu mengunduh 1 aplikasi android, setelah melakukan konfirmasi dan verifikasi ke Dinas Dukcapil Kabupaten Buleleng melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Baca juga :  Sempat Dilerai dan Minta Bantuan, Namun Korban Sudah Terlentang di Pekarangan Rumah

“Untuk mengakselerasi prosesnya, jadi semua operator di desa dan kelurahan dan di kantor kecamatan siap untuk membantu IKD,” imbuh Juartawan.

Banyak manfaat didapatkan pada aplikasi IKD ini, hanya dengan satu aplikasi masyarakat dapat mengakses e-KTP, KK, KIA, NPWP, BPJS, kartu pemilih, karpeg, dan lain-lainnya. Semuanya dapat terakomodir hanya dengan sekali akses ke aplikasi IKD. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini