BMKG : Waspadai Bali Barat Masuki Cuaca Ekstrem

picsart 23 01 17 19 59 56 252
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Nyoman Wiryajaya.

Kutsel, DENPOST.id

Hujan lebat disertai petir yang terjadi hampir setiap malam beberapa hari ini, dikarenakan Bali memasuki puncak musim hujan. Di mana, saat ini daerah yang masuk dalam cuaca ekstrem dan perlu diwaspadai dampaknya adalah kawasan Bali Barat, meliputi Melaya, Jembrana, dan sekitarnya.

Hal itu, diungkapkan Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Nyoman Wiryajaya, dihubungi, Selasa (17/1/3023).

Wiryajaya memaparkan sesuai prediksi sebelumnya, musim hujan memang jatuh pada Januari. Hanya saja memang sebelumnya hujan sempat menghilang karena ada di laut Filipina terjadi tekanan rendah. Namun, seiring melemahnya tekanan tersebut, hujan sudah mulai kembali terjadi di Bali.

“Memang beberapa hari sebelumnya kan sempat tidak ada hujan karena di laut Filipina ada tekanan rendah, sehingga ditarik ke sana,” ujarnya.

Baca juga :  Badung Gencarkan Penelusuran di Darmasaba

Bahkan kata dia ada yang bertanya terkait hawa yang terasa panas. Sebenarnya hal ini sama dengan di stasiun. Namun, kerena awannya sedikit dan tidak ada hujan akibat tekanan rendah di Filipina.

“Sejak kemarin kan sudah kembali hujan,” imbuhnya.

Berdasarkan data, sambung dia, untuk cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat saat ini berpotensi terjadi di Bali Barat. Potensi cuaca ekstrem ini dapat meluas ke beberapa wilayah di Tabanan dan Buleleng.

Baca juga :  Kader DPC PDI P Karangasem Laporkan Hoaks ke Polres Karangasem

Karenanya yang perlu diwaspadai adalah dampaknya dari kondisi tersebut.

Terkait petir dan Guntur yang cukup keras dalam dua hari terakhir, kata dia hal itu dikarenakan oleh adanya awan yeng menyebabkan terjadinya petir tersebut.

“Kalau kemarin hampir semua daerah masuk musim hujan, nah untuk sekarang ada di Bali barat,” paparnya sembari mengatakan akan melihat perkembangan kapan berakhirnya musim
hujan ini. (113)

Baca juga :  Tabrakan Beruntun, Mobil Terbakar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini