Warga Terdampak Banjir Bandang Sungai Biluk Poh Menolak Direlokasi

relokasi
LIHAT LOKASI - BPBD Jembrana bersama warga terdampak banjir bandang Sungai Biluk Poh ketika melihat lokasi yang dijadikan tempat relokasi.

Negara, DENPOST.id

Sebanyak 32 KK terdampak banjir bandang Sungai Biluk Poh, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo menolak untuk direlokasi. Penolakan itu karena beberapa tempat yang ditawarkan oleh pemerintah tidak sesuai dengan harapan mereka. Warga menilai tempatnya jauh, kondisi lahan berbukit dan terjal juga sepi dan tidak menjamin kehidupan perekonomian mereka.

Karenanya 32 KK itu memilih tinggal di rumah/lahan yang lama meskipun sudah hancur.
Penolakan disampaikan warga setelah diajak pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah   (BPBD) Jembrana melihat lokasi lahan untuk relokasi di Pangkung Kwa, Desa Penyaringan, Rabu (18/1/2023).

Baca juga :  Blok Rutan Dirazia, Petugas Temukan Paku dan Ikat Pinggang

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta aparat Desa Penyaringan dan Kelurahan Tegalcangkring bersama warga sebelumnya menggelar pertemuan korban banjir bandang di Biluk Poh, Tegalcangkring dan desa Penyaringan terkait relokasi digelar Rabu (18/1/2023) di Wantilan Desa Penyaringan.
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jembrana, I Putu Agus Artana Putra, mengatakan, 32 KK yang awalnya sepakat untuk direlokasi memilih tidak direlokasi di lahan milik Pemprov Bali itu.
Beberapa pertimbangan disampaikan warga. Selain karena lokasi relokasi jauh dan terjal, warga yang menetap di Biluk Poh, Kelurahan Tegalcangkring juga tidak mau pindah domisili dan juga terkait sumber penghidupan.

Warga katanya memilih tinggal di tempat lama dan mereka mengajukan bantuan stimulan pembangunan rumah. “Kita proses setelah administrasi lengkap,” ungkap Agus.
Menurut Agus, tim dari provinsi nantinya akan melakukan verifikasi mengecek kerusakan bangunan. Karena besaran nilai stimulan tergantung tingkat kerusakan rumah.

Baca juga :  Jelang Pilkel, Para Calon Deklarasi Damai

Total warga yang mengajukan bantuan stimulan sebanyak 93 KK. Karena sebelumnya terdapat 61 KK yang mengajukan bantuan stimulan. Pengecekan nanti juga dari Dinas PU. Pihaknya berharap pemberkasan segera kelar sehingga cepat diproses. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini