Puluhan WBP Rutan Negara Ikuti VCT

picsart 23 01 19 13 14 49 100
VCT - Rumah Tahanan Kelas IIB Negara, Kamis (19/1/2023) melaksanakan kegiatan Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV terhadap warga binaan.

Negara, DENPOST.id

Rumah Tahanan Kelas IIB Negara, Kamis (19/1/2023) melaksanakan kegiatan Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Ruang Aula Garuda Wisnu Kencana Rutan Negara.
Dalam penyelenggaraan kegiatan ini Rutan Negara bekerjasama dengan Puskesmas I Negara dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana.

Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono, mengatakan, VCT HIV dilakukan untuk mengetahui status HIV dengan tes serologi dan melalui proses konseling terlebih dahulu. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya deteksi dini penularan penyakit menular HIV.

Baca juga :  Ratusan Kotak Suara di Jembrana Mulai Dirakit

Sebanyak 26 orang warga binaan Rutan Negara yang sebelumnya sudah pernah maupun belum pernah dilakukan tes HIV menjadi peserta VCT kali ini. Mereka terdiri dari 24 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Peserta VCT mengikuti konseling dengan 3 tahapan dimulai dari pra-tes. Pada tahap ini peserta diberikan penjelasan secara detail mengenai HIV/AIDS dan tahapan-tahapan VCT.

Tahap kedua yaitu testing yang merupakan tahapan pengambilan darah dari ujung jari untuk dijadikan sample tes HIV.
Kemudian dilanjutkan dengan tahap ketiga yaitu post-test, di mana dalam prosedur ini petugas menyampaikan hasil VCT kepada peserta.

Baca juga :  Cegah DBD Merebak, Dinkes Jembrana Gencarkan PSN

Sebelumnya, Rutan Negara rutin melakukan kegiatan VCT HIV ini terhadap warga binaan baru. Namun ke depan, giat ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, baik terhadap warga binaan baru maupun lama dan yang sudah pernah dilakukan VCT, sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan agar seluruh warga binaan Rutan Negara terbebas dari infeksi penyakit menular HIV.

“Dari testing VCT HIV ini, hasilnya seluruh WBP Rutan Negara adalah non-reaktif,” pungkas salah satu petugas kesehatan dari Puskesmas I Negara. (120)

Baca juga :  Targetkan Vaksinasi Nakes di Jembrana Segera Tuntas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini