Kuota Subsidi Bertambah, REI Bali Berharap Ada Kenaikan Harga Rumah

ketua rei bali1
BERI KETERANGAN - Ketua DPD REI Bali I Gede Suardita memberikan keterangan kepada pers. (DenPost/ist)

Denpasar, DenPost.id

Program rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah terus digalakkan oleh pemerintah. Bahkan kuota rumah hunian subsidi tahun 2023 ini meningkat. Untuk di Bali, masih ada sekitar 2.000 unit rumah subsidi yang belum terjual. Sedangkan 3.000 rumah sesuai kuota sudah terjual. Program pemerintah untuk rumah subsidi di Bali ini sebanyak 5.000 unit yang tersebar di lima kabupaten  yaitu, Tabanan, Negara, Buleleng, Bangli, dan Karangasem.

Baca juga :  Hindari Kerumunan, BUMDes Beri Pelayanan Daring

Menurut Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Bali, I Gede Suardita, anggaran rumah subsidi dinaikkan oleh pemerintah, dari Rp22 triliun tahun 2022, menjadi Rp25 triliun tahun 2023. Secara nasional, ada penambahan 230 kuota. “Secara akumulasi yang dilaporkan oleh perbankan tahun lalu (2022), pembiayaan KPR tumbuh 18 persen. Target tahun ini tentunya lebih tinggi daripada sebelumnya,”  tegas Suardita pada Kamis (19/1/2023).

Bertambahnya kuota rumah subsidi tersebut tidak berbanding lurus dengan harga jualnya. Di tengah naiknya harga tanah dan material bangunan, pasaran rumah subsidi di Bali belum berubah yakni di kisaran Rp168 juta/unit. “Kami berharap pemerintah menaikkan harga rumah subsidi sekitar Rp200 juta per unit. Tentunya nanti lokasinya bisa di perkotaan dengan kualitas bangunan yang lebih baik,” ungkap Suardita.

Dengan kenaikan harga rumah subsidi tersebut dirasa tak akan memberatkan masyarakat. Hal ini seiring dengan pulihnya pariwisata yang menjadi pilar perekonomian masyarakat Bali. “Selagi pariwisata masih hidup dan ada tamu yang datang ke Bali, maka uang akan mengalir di situ. Rupiah mengalir, dolar mengalir. Kita tahu Bali, selain sebagai destinasi pariwisata,  juga sebagai destinasi properti,” tandas Suardita. (yan)

Baca juga :  BRI Beri Pelatihan UMKM & Kegiatan Sosial di Sumba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini