Armada Damkar Banyak Rusak, Komisi I Panggil Satpol PP Gianyar

picsart 23 01 20 19 56 06 904
RAPAT KOMISI 1 - Rapat Komisi 1 DPRD Gianyar, dengan Satpol PP Gianyar di Gedung DPRD Gianyar.

Gianyar, DENPOST.id

Belum lama ini, Komisi 1 DPRD Kabupaten Gianyar melakukan sidak ke Pos Pemadam Kebakaran Pemkab Gianyar, kemudian lanjut memanggil Satpol PP Gianyar untuk memberikan klarifikasi terkait temuan banyak armada damkar yang rusak. Pertemuan antara Komisi 1 DPRD Gianyar dengan Satpol PP Gianyar berlangsung di Gedung DPRD setempat, Kamis (19/1/2023).

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Gianyar, Drs. I Made Watha, Jumat (20/1/2023) mengatakan dirinya hadir didampingi Kabid Bidang Damkar menyampaikan permasalahan yang dialami tidak lepas dari adanya refokusing anggaran, sehingga sejumlah armada tidak mendapatakan service selama dua tahun.

Baca juga :  Sehari, Satpol PP Gianyar Amankan Tiga ODGJ 

Watha mengatakan saat ini Damkar Gianyar memiliki 14 unit truk pemadam, 2 pikap dan 2 unit sepeda motor. Sedangkan dari 14 truk pemadam itu, sebanyak 3 unit tak bisa dipakai dan dalam kondisi rusak berat. Kendaraan yang rusak ini, merupakan produk lama dan bantuan dari Jepang, dan kerusakan itu terjadi pada onderdil yang stoknya sudah tidak tersedia.

Sedangkan yang bisa dioperasikan sebanyak 11 unit, dengan catatan 4 unit siap pakai. Sedangkan lagi 7 unit dalam proses service, pergantian suku cadang awal 2023 ini. Selain itu, adanya perbup yang mengatur armada damkar harus diservis di dealer resmi juga menyulitkan jika akan melakukan servis mendadak.

Baca juga :  Pastikan Perayaan Idul Fitri Sesuai Prokes, Dua Kapolres Lakukan Ini

Selain itu, pihaknya harus nyervis kendaraan di dealer resmi dan itupun di Denpasar.

“Kami tetap utamakan tugas kita sebagai petugas pemadam kebakaran,” kata Watha.

Sementara Anggota Komisi 1 DPRD Gianyar, I Made Wardana mengatakan dalam pertemuan diharapkan damkar lebih peka terhadap kondisi armadanya. Sebab, armada damkar ini merupakan kebutuhan yang mendesak dan wajib bisa beroperasi dalam situasi apa pun.

Pihaknya pun bersyukur karena 7 unit armada sudah bisa dilakukan servis awal tahun 2023, sehingga nanti ketika dibutuhkan bisa beroperasi dengan baik. (116)

Baca juga :  Ikuti Rapat Paripurna DPRD Badung, Bupati Giri Prasta Tetap Komit Penuhi Kebutuhan Belanja Prioritas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini