Desa Adat Besakih Siapkan Puluhan Petugas Kebersihan

picsart 23 01 21 16 35 15 730

Amlapura, DENPOST.id

Selama berlangsungnya upacara usaba Pura Dalem Puri, di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, sampah pemedek dipastikan akan banyak berserakan. Guna mengantisifasi terjadinya tumpukan sampah itu, pihak Desa Adat Besakih telah menyiapkan puluhan petugas kebersihan untuk mengatasi sampah selama berlangsungnya usaba.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, Jumat (20/1/2023), mengungkapkan untuk menangani sampah pemedek selama berlangsungnya usaba, pihaknya memang telah menyiapkan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah-sampah dari pemedek nantinya.

Baca juga :  Cabai Dicat Bikin Waswas, Satreskrim Polres Karangasem Cek Pasar Amlapura

“Kebersihan memang perlu diperhatikan demi kenyamanan pemedek melakukan persembahyangan nanti. Untuk mengatasi tumpukan sampah selama usaba, nantinya kita akan libatkan sekitar 50 orang tenaga kebersihan. Mereka yang dilibatkan ini merupakan tenaga kebersihan di Pura Agung Besakih,” ujarnya.

Menurut Widiartha, untuk mengantisipasi membeludaknya sampah pemedek, pihaknya juga akan membuat naner imbauan kepada para pemedek agar membuang sampah sisa upacara di tempat yang sudah disiapkan di areal pura.

Baca juga :  Pasangan Giri Prasta dan Suiasa Ikuti Upacara "Mejaya-jaya"

“Kita sangat berharap, lewat imbauan itu nantinya para pemedek tidak membuang sampah sembarangan. Sementara untuk mengangkut sampah nantinya akan menggunakan kendaraan truk dan pikap yang dimiliki. Sampah ini nantinya akan dibuang di TPS yang ada di Banjar Palak,” jelas Widiartha. (tim dp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini