Bulan Bahasa Bali, Beragam Lomba Kembali Digelar

picsart 23 01 22 20 40 07 278
Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika

Singaraja, DENPOST.id

Penguatan dan pelestarian penggunaan aksara Bali menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Bali m. Sejalan dengan itu, program Bulan Bahasa Bali yang dicanangkan Gubernur Bali dari tahun 2018 itu terus digencarkan yang salah satunya melalui lomba pelestarian aksara Bali.

Memasuki Bulan Bahasa Bali yang ke-5 pada tahun ini, mabupaten/kota se-Bali kembali diinstruksikan untuk lebih memuliakan penggunaan aksara Bali melalui beberapa perlombaan. Hal ini guna meningkatkan kembali budaya tentang menulis aksara Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika, mengatakan, pelestarian aksara Bali sangat penting dilakukan.
Dalam mendukung program tersebut, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng kembali menggelar lomba Bulan Bahasa Bali V pada tanggal 9 Februari 2023 yang pada tahun ini mengusung tema Segara Kerthi “Campuhan Urip Sarwa Prani”. Lomba ini diharapkan mampu menguatkan bahasa, aksara dan sastra Bali di tengah gempuran digitalisasi.

“Penguatan bahasa, aksara dan sastra Bali melatarbelakangi dalam kegiatan tahunan ini. Bagaimana penggunaan aksara, sastra dan bahasa Bali kita terapkan di lingkungan sekitar, perkantoran dan termasuk juga tanpa mengesampingkan budaya busana adat Bali,” tegas Wisandika, Minggu (22/1/2023).

Baca juga :  Pengelola Villa di Buleleng Banting Harga

Mantan Sekretaris BKPSDM Buleleng itu menjelaskan, ada 6 lomba yang akan diselenggarakan yakni lomba nyurat aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba nyurat lontar tingkat SMP, lomba debat mebasa Bali tingkat SMA/SMK, lomba ngewacen lontar tingkat remaja, lomba nyatua Bali tingkat paiketan krama istri (Pakis) dan lomba pidarta antar kelian/bendesa adat.

Wisandika menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi bersama unsur dari kecamatan dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) termasuk para dewan juri. Kecamatan menjadi koordinator untuk menyeleksi pesertanya sebelum dilombakan di tingkat kabupaten.

Baca juga :  Made Kaek Pamerkan 50 Karya di Jimbaran Hub, Hari Pertama Terjual 8

“Pihak kecamatan akan mengkoordinir di sana. Apakah nantinya pihak kecamatan melakukan seleksi atau perlombaan terlebih dahulu sebelum didaftarkan untuk diperlombakan kembali di tingkat Kabupaten,” imbuhnya.

Rencananya waktu pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 3 Februari dilanjutkan technical meeting tanggal 6 Februari dan akan diperlombakan tanggal 9 Februari 2023. Nantinya pemenang dari masing-masing lomba itu akan mewakili kabupaten untuk mengikuti lomba Bulan Bahasa Bali tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2023 mendatang di Provinsi. (118)

Baca juga :  Hari Bakti Adhyaksa Jadi Momentum Tangani Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini