Kepepet Biaya Hidup, IRT Embat Perhiasan Tetangga

emas 1
CURI PERHIASAN - Polsek Susut mengungkap kasus tindak pidana pencurian perhiasan emas dengan pelaku IRT dari Desa Susut, Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Kehidupan ekonomi yang serbakekurangan menjadikan seorang ibu rumah tangga (IRT) di Banjar Susut Kaja, Susut, Bangli yakni Ni Wayan Nur nekat mengambil perhiasan emas milik tetangganya, Ni Wayan Ek (39). Pencurian itu dilakukan di rumah korban pada Minggu (22/1/2023), sekitar pukul 12.00 Wita. Nur mengaku terpaksa mencuri lantaran kepepet untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebab penghasilannya bersama sang suami sebagai buruh bangunan serabutan hanya Rp 80 ribu setiap kerja. Terkadang hanya dirinya yang bekerja, sebab suaminya memiliki riwayat sakit kejang-kejang ketika bertemu banyak orang (trauma).

Baca juga :  Diduga Terindikasi Korupsi PHR, Puluhan Pengusaha di Bangli Diperiksa

“Kami sudah amankan Minggu malam. Kami tidak lanjuti sebagaimana laporan korban. Kami sudah periksa baik pelaku maupun korban,” kata Kapolsek Susut, AKP I Nyoman Edi Suwarya, Senin (23/1/2023). Setelah pemeriksaan tersebut, ada rencana dari pihak korban mencabut laporannya, dengan alasan kasihan terhadap pelaku. “Ya malahan korban sampai nangis-nangis supaya kasus ini tidak dilanjutkan,” imbuhnya.

Apakah ada rencana didamaikan lewat restoratif justice (RJ)? Ditanya begitu, Edi Suwarya menyebut kemungkinan ada. Di mana saat ini pelaku memang tidak ditahan. “Yang bersangkutan wajib lapor, karena ada pihak yang menjamin. Kalau lihat dari kehidupan pelaku, kasihan memang. Untuk RJ, masih kami pelajari ke arah sana, tunggu gelar,” tegasnya.

Diungkapkan Suwarya, perhiasan korban yang hilang berupa satu buah gelang emas berat 15,1 gram, 1 kalung emas rantai berat 19,8 gram, 1 cincin emas berpermata berat 4,1 gram, 1 cincin emas berpermata berat 3,9 gram, 1 liontin emas berat 2,5 gram dan satu pasang anting emas berpermata berat 2,1 gram. Total keseluruhan diperkirakan nilainya mencapai Rp 45 juta. Dikatakan pula, saat pelaku diamankan, perhiasan yang diambil belum sempat diapa-apakan dan masih disimpan di rumahnya. (128)

Baca juga :  Jaringan Pipa PDAM Terputus, 1.800 Pelanggan di Dua Desa Krisis Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini