Bulan Bahasa Bali di Bangli, Empat Perlombaan Digelar

lomba
BULAN BAHASA BALI - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat membuka Bulan Bahasa Bali V, Senin (13/2/2023). DENPOST.id/Ist

Bangli, DENPOST.id

Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 di Kabupaten Bangli dipusatkan di Balai Banjar Adat Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Senin (13/2/2023). Ada empat kategori perlombaan digelar kali ini. Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 mengusung tema “Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani”. Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan I Wayan Sugiarta. Hadir juga saat itu, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Bendesa Madya MDA Kabupaten Bangli, Ketua PHDI Kabupaten Bangli, para camat se-Kabupaten Bangli, Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Bangli, serta MKKS Kabupaten Bangli.

Baca juga :  Maling Kambuhan Gasak 100 Kg Cabai di Kintamani

Dalam sambutannya Sedana Arta menegaskan, Bahasa Bali bukan hanya untuk ajang perlombaan saja. Tetapi lebih kepada bagaimana menjaga dan melestarikan bahasa, sastra dan aksara serta sebagai pelopor untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari- hari.

Saat itu Sedana Arta juga menyampaikan, pagelaran Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali yang merupakan akar dari kebudayaan Bali dan juga merupakan karakter serta identitas krama Bali. “Maka dari itu kita sebagai krama Bali harus menjaganya dengan baik di tengah arus globalisasi,” pintanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta dalam laporannya menyebutkan, pagelaran Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Bangli dibagi menjadi empat perlombaan. Yaitu, lomba Nyatua Bali Paiketan Krama Istri, Nyurat Aksara Bali tingkat SD, Nyurat Lontar tingkat SMP, dan lomba Debat Bahasa Bali tingkat SMA/ SMK, dengan keseluruhan jumlah peserta lomba sebanyak 65 orang. “Lomba akan dilaksanakan dari tanggal 13 Februari hingga 15 Februari 2023, dengan melibatkan para penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Bangli sebagai juri dalam perlombaan tersebut,” pungkasnya. (c/128)

Baca juga :  Survei Golkar Tuntas, Begini Perkiraan Rekomendasi di Bangli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini