Nyepi dan Tarawih Berbarengan, Warga Diminta Tetap Jaga Toleransi

kapolres jembrana
Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana

Negara, DENPOST.id

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jembrana menggelar rapat persiapan menyambut Hari Raya Nyepi yang berbarengan dengan pelaksanaan Tarawih Ramadhan 2023, Selasa (7/3/2023) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana.
Dalam rapat tersebut disepakati, umat Islam melaksanakan Tarawih di rumah masing-masing atau ibadah masing-masing tanpa pengeras suara, sementara umat Hindu merayakan Nyepi.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, Kamis (9/3/2023) mengimbau agar saat perayaan Hari Raya Nyepi yang berbarengan dengan Bulan Suci Ramadhan masyarakat saling menjaga toleransi antar umat agar kerukunan dan keamanan Jembrana terjaga.
“Sesuai dengan kesepakatan bersama saat rapat dengan FKUB, disepakati oleh seluruh perwakilan umat bahwa kita menyerukan untuk tarawih yang berbarengan dengan hari Nyepi dilakukan di rumah masing-masing atau di tempat ibadah masing-masing tanpa ada pengeras suara,” terangnya.

Baca juga :  Pemilah Sampah di TPA Peh Diminta Disiplin Prokes

Sementara terkait pengamanan rangkaian Hari Raya Nyepi yang dimulai dari Pelaksanaan Melasti pada tanggal 19 Maret 2023 dan lomba Ogoh-ogoh pada saat Tawur Agung, pihaknya menerjunkan anggota sebanyak 250 personel dan jajarannya masih menyusun lagi jumlah personelnya.
Juliana juga mengaku sudah mengundang dari ASDP Pelabuhan Gilimanuk untuk mengingatkan bahwa pelabuhan ditutup pada pukul 24.00 wita saat malam pangurupukan, sehingga tidak ada penyeberangan lagi saat Hari Raya Nyepi. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini